Kabupaten Jepara Bebas Difteri Sejak 2015

Rhobi Shani    •    Selasa, 05 Dec 2017 14:41 WIB
klb difteri
Kabupaten Jepara Bebas Difteri Sejak 2015
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Jepara: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menyatakan Bumi Kartini bebas kasus difteri. Kabupaten Jepara telah bebas dari kasus difteri sejak 2015.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinkes Jepara Fakhrudin menyebut, Kabupaten Jepara pernah mendapatkan predikat kondisi luar biasa difteri pada 2014. Satu warga Jepara dinyatakan positif difteri.

“Tahun berikutnya, 2015, kami mencurigai satu lagi, tapi setelah pemeriksaan hasilnya negatif,” kata Fakhrudin, Selasa, 5 Desember 2017.

Pada September lalu pihaknya mencurigai satu warga terserang virus difteri. Namun setelah dilakukan pemeriksaan infeksi, hasilnya negatif.

“Kami curigai karena cirinya sama. Lalu kami melakukan kajian dan pemeriksaan bersama tim pusat. Kami ambil contoh darahnya untuk di bawa ke Bandung dan hasilnya negatif,” beber Fakhrudin,

Kabupaten Jepara, disampaikan Fakhrudin, merupakan daerah yang aman dari virus difteri. Jika ditemukan virus difteri di Kota Ukir, itu lantaran mobilitas warga.

Ditambahkan Fakhrudin, kesadaran masyarakat akan pentingnya faksin DPT cukup tinggi. Sampai saat ini, Dinkes Jepara mengklaim semua anak-anak sudah diberi faksin DPT.

“Jadi setiap bayi yang baru lair, kalau usia nya sudah cukup langsung diberikan faksin,” pungkas Fakhrudin.

 


(SUR)