Hujan Angin Kencang Masih Ancam Banten Hingga Bali

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 02 Dec 2017 02:51 WIB
cuaca ekstrim
Hujan Angin Kencang Masih Ancam Banten Hingga Bali
Ilustrasi cuaca ekstrem (Foto: Ant/Wahyu Putro A)

Sleman: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di wilayah Banten hingga Bali mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang dalam beberapa hari ke depan. Cuaca buruk ini dampak dari siklon tropis dahlia yang ada di wilayah samudera Hindia. 

'Siklon Tropis Dahlia berada di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah, sekitar 10.2LS, 109.6BT (sekitar 290 km sebelah selatan barat daya Cilacap). Kecepatan angin maksimum 50 knot, bergerak ke timur tenggara menjauhi Indonesia,' ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Stasiun Klimatologi BMKG Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat 1 Desember 2017. 

Dwkorita menjelaskan, Siklon Tropis Dahlia memberikan dampak berbagai macam di sejumlah wilayah. Diprediksi, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Menurutnya, hujan tersebut bisa disertai angin kencang dengan kekuatan lebih dari 20 knot di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat dan selatan.

'Gelombang bisa mencapai 2,5 hingga 4 meter di perairan barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu, laut Jawa bagian tengah, dan perairan utara Jawa Tengah,' ujarnya.

'Lalu gelombang degan keinggian 4 hingga 6 meter di perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, serta gelombang dengan ketinggian 6 hingga 7 meter di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur,' kata dia menambahkan. 

Mantan rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini juga menyatakan, selain hujan lebat, gelombang tingi juga berpotensi terjadi di perairan selat Bali, selat Lombok, selat Alas bagian selatan, dan perairan Jawa Timur hingga Lombok dengan ketinggian gelombang 2,5 hinga 4 meter. 

'Sehingga ini perlu diwaspadai bagi mereka yang hendak melaut atau melakukan pelayaran di saat cuaca tesebut terjadi,' tandasnya.


(MBM)