Imunisasi MR di DIY Lampaui Target Nasional

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 04 Oct 2017 14:15 WIB
imunisasi
Imunisasi MR di DIY Lampaui Target Nasional
Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyamingastuti. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat pemberian imunisasi Measles Rubela (MR) telah melampaui target nasional. Imunisasi MR di DIY mencapai 96,85 persen, lebih tinggi dari target pemerintah sekitar 95 persen. 

"Ini mungkin capaian luar biasa mengingat ada kantong-kantong yang menolak (imunisasi MR) beberapa waktu lalu. Capaian ini nomor tiga setelah Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyamingastuti di Kompleks Kepatihan pada Rabu, 4 Oktober 2017. 

Pemberian imunisasi MR di DIY memang sempat mendapat sejumlah reaksi penolakan. Salah satu wilayah yang terdapat penolakan yakni di Kabupaten Bantul. 

Ia mengungkapkan bakal mengupayakan anak yang belum mendapat imunisasi MR. Di sisi lain, imunisasi MR yang dijadwalkan selesai pada bulan September lalu telah diperpanjang hingga 14 Oktober 2017. 

"Kemarin yang tidak tercapai karena siswa di sekolah beralasan izin dan sakit. Prioritas imunisasi ini memang anak usia sekolah," ungkapnya. 

Pembajun menambahkan, imunisasi MR dilanjutkan dengan melakukan pendekatan kepada pihak yang belum terjangkau. Sekitar tiga persen dari total sasaran 776.000 anak diminta datang ke puskesmas terdekat untuk imunisasi MR. 

"Yang belum (imunisasi MR) diminta datang ke Puskesmas. Kami tak bisa bisa jemput bola karena SDM tak mencukupi," kata dia. 


(ALB)