Jenang Sumsum Jadi Penutup Rangkaian Pernikahan Kahiyang-Bobby

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 11 Nov 2017 17:27 WIB
pernikahan kahiyang-bobby
Jenang Sumsum Jadi Penutup Rangkaian Pernikahan Kahiyang-Bobby
Pihak yang terlibat dalam pernikahan Kahiyang-Bobby di Surakarta menggelar tradisi makan jenag sumsum, Jumat 11 November 2017, MTVN - Pythag

Solo: Rangkaian pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution di Kota Solo, Jawa Tengah telah rampung. Pihak-pihak yang terlibat dalam pernikahan mengadakan sumsuman. Pemkot Solo mengoordinasi kegiatan tersebut.

Sumsuman merupakan salah satu adat Jawa yang biasa dilakukan setelah berakhirnya hajatan. Adat ini ditandai dengan memakan jenang sumsum.

Jenang sumsum yakni makanan bubur yang dibuat dari tepung beras. Kemudian jenang disiram kuah santan dan gula merah. Jenang sumsum bercita rasa manis dan gurih.

Memakan jenang sumsum setelah selesainya hajatan dipercaya dapat menghilangkan lelah. Rasa manisnya juga memuat filosofi bekerja keras dahulu, menuai manis kemudian.

Pantauan Metrotvnews.com, ratusan orang datang menuju Rumah Dinas Wali Kota Surakarta Lodji Gandrung. Sumsuman diikuti oleh 221 orang yang berpartisipasi dalam pernikahan putri presiden.

Mereka antara lain terdiri dari petugas kebersihan, tukang becak, linmas dan Satpol PP. Dalam sekejap mata, ratusan takir jenang sumsum ludes disantap.

Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo mewakili keluarga presiden mengucapkan terima kasih. "Saya diminta Pak Presiden mengumpulkan teman-teman di sini. Semoga setelah sumsuman ini, semua capeknya hilang," terang dia, Kamis, 10 November 2017.

Tak hanya itu, para petugas kebersihan, linmas dan Satpol PP mendapatkan uang lelah dari keluarga Presiden. Khusus bagi tukang becak, mereka mendapatkan tambahan uang lelah dari Kapolda Jateng.

"Senang. Dilibatkan saja kami bersyukur. Kalau jumlahnya saya belum tahu. Disuruh membuka di rumah," ujar salah seorang tukang becak, Siswanto.


(RRN)