Prabowo Ziarah ke Makam Raja Immogiri

Patricia Vicka    •    Senin, 13 Nov 2017 18:05 WIB
parpol
Prabowo Ziarah ke Makam Raja Immogiri
Prabowo Subianto saat berziarah ke makam raja-raja di Immogiri, Senin 13 November 2017. Foto: MTVN/Patricia Vicka

Yogyakarta: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subiyanto ziarah ke makam raja-raja Yogyakarta di Immogiri, DIY. Ia tiba bersama rombongan di Immogiri sekitar pukul 14.30 WIB, Senin 13 November 2017.

Turun dari mobil, Prabowo dan rombongan tampak sudah mengenakan pakaian adat Jawa. Baju peranakan dipadu kain batik, lengkap dengan blangkon di kepala.

Prabowo langsung menuju pusara Sultan Agung I melalui pintu masuk timur. Kedatanganya disambut keluarga Keraton Yogyakarta dan Bupati Bantul Suharsono. Tampak pula Wakil Ketua DPRD DIY dari parta Gerinda, Dharma Setiawa.

Usai nyekar di pusara Sultan Agung, Prabowo menuju makam Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Sambil berjalan menuju makam HB IX, Prabowo sempat menyapa dan menjawab pertanyaan awak media.  

“Wartawan ini daya ciumnya kuat sekali. Dapat informasi saya ke sini dari mana?" sapa Prabowo.

Ia mengaku datang ke makam raja-raja Yogyakarta untuk ziarah ke makam leluhurnya. Prabowo banyak yang tak tahu masih punya darah biru.

Prabowo masih memiliki silsilah ke Sri Sultan Hamengku Buwono II. “Ini acara pribadi. Saya melanjutkan tradisi untuk mengunjungi para leluhur yang sudah meninggal disini. Ini salah satu upaya generasi penerus untuk menghormati sejarah bangsa,” ujarnya singkat.

Sektetaris DPD Gerinda DIY, Dharma Setiawan, mengatakan, ziarah ini rutin dilakukan Prabowo dan keluarga. Hal ini mengikuti tradisi orang Jawa untuk mengunjungi makam para leluhur.

Sebelum berziarah, Prabowo salat Subuh bersama Amien Rais di Masjid dalam kompleks Sekolah Budi Mulia, Ngemplak, Sleman. Ketika ditanya hal ini, Prabowo hanya tersenyum dan melenggang lanjut berziarah. Dia terus berjalan ditemani Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Sementara Dharma menyebut pertemuan Amien-Prabowo hanya dalam rangka memperingati hari Pahlawan. “Selesai ketemu pak Amien, beliau tidak ada agenda lain. Lalu memutuskan ziarah ke sini,” pungkas Dharma.


(SUR)