Jelang Imlek, Lima Ribu Lampion Warnai Kota Solo

Pythag Kurniati    •    Jumat, 26 Jan 2018 11:27 WIB
hari raya imlek
Jelang Imlek, Lima Ribu Lampion Warnai Kota Solo
Lampion mulai dipasang untuk menyambut Tahun Baru Imlek di Kota Solo, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati

Solo: Sebanyak 5.000 lampion menggantung menghiasi Kota Solo, Jawa Tengah. Lampion-lampion tersebut mulai dipasang untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 16 Februari 2018.

Ketua Panitia Solo Imlek Festival 2018, Sumartono Hadinoto menyebut 5.000 lampion dipasang di sejumlah ruas jalan. "Mulai dari Jalan Jendral Sudirman sampai kawasan Pasar Gede, Solo juga di Jalan Urip Sumoharjo," ungkapnya, Jumat, 26 Januari 2018.

Meski telah dipasang, ribuan lampion tersebut baru akan dihidupkan pada 6 Februari 2018. Selain ribuan lampion bulat berwarna merah, Solo juga diperindah lampion dan kotak neon 12 shio.

"Kemudian ada juga pemasangan lima lampion shio anjing serta lampion Werkudara," urainya.


Sejumlah ruas jalan di Kota Solo, Jawa Tengah, diperindah ribuan lampion menyambut Tahun Baru Imlek. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati

Keberadaan lampion-lampion di kawasan Jalan Jendral Sudirman hingga Pasar Gede menarik minat masyarakat. Banyak warga yang menanti lampion dihidupkan untuk berswafoto.

"Biasanya kalau sudah hidup akan tampak indah pada saat malam. Sayang bila dilewatkan tanpa foto-foto di lokasi lampion," beber Wulansari, 32, salah seorang warga Solo.

Selain pemasangan aneka macam lampion di beberapa ruas jalan, perayaan imlek di Solo dimeriahkan dengan gelaran Solo Imlek Fair 2018. Acara ini digelar di Benteng Vastenburg pada 10-14 Februari 2018.

Puncaknya adalah kirab barongsai dan liong saat perayaan Cap Go Meh tanggal 2 Maret 2018.


 


(SUR)