Cerita di Balik Pidato 'Dadakan' SBY di Bogor

Rizky Dewantara    •    Jumat, 05 Jan 2018 15:28 WIB
partai demokrat
Cerita di Balik Pidato 'Dadakan'  SBY di Bogor
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bogor Anton Suratto. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono berpidato politik 'dadakan' pada Jumat, 5 Januari 2018. Pidato yang diselenggarakan di wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor, ini bahkan disiapkan tidak sampai 20 jam.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bogor Anton Suratto membeberkan, dia dipanggil SBY pada Kamis, 4 Januari 2018, malam. Presiden ke-6 RI memerintahkannya untuk menyiapkan acara di DPC Kabupaten Bogor.

"SBY yang meminta tempat di sini (Cibinong), kurang dari 20 jam kami harus menyiapkan acara untuk pidato politik," kata dia, usai ditemui acara pidato politik di DPC Kabupaten Bogor, Jumat 5 Januari 2018.

Dia tak tahu pasti apkah pemilihan Bogor sebagai lokasi pidato politik karena menjadi salah satu lumbung suara Demokrat. Sebab, kata Anton, suara partai berlambang bintang mercy ini banyak menurun.

"Di Cianjur suara kami turun, jadi kami tidak berani bilang jika Kabupaten Bogor menjadi lumbung suara Partai Demokrat," paparnya.

Seribu kader Demokrat hadir dari seluruh Indonesia hadir untuk menyaksikan pidato politik Ketua Umum Demokrat. Dia hanya bisa memastikan, pidato ini berkaitan dengan datangnya tahun politik 2018 dan 2019.

"Intinya, Ketua Umum ingin menyampaikan semangat baru tahun baru dengan suasana teduh tidak mengikuti tensi politik yang memanas jelang Pemilu 2018-2019 mendatang," pungkasnya.


 


(SUR)