2018, Pedestrian Sisi Barat Malioboro Mulai Dibangun

Patricia Vicka    •    Rabu, 19 Jul 2017 11:03 WIB
yogyakarta
2018, Pedestrian Sisi Barat Malioboro Mulai Dibangun
Pertokoan sisi barat Malioboro, Yogyakarta -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Program revitalisasi kawasan Malioboro mulai merambah ke sisi barat pertokoan. Pemda DIY akan membangun pedestrian (trotoar tempat berjalan kaki) pada awal 2018.

Pedestrian akan dibangun di sisi barat kawasan Malioboro, dari dekat Stasiun Tugu hingga dekat Gedung Agung. Jalanan kecil di sisi barat MAlioboro yang kini menjadi tempat perlintasan andong dan becak akan diubah menjadi pedestrian.

"Bentuk pedestrian akan dibuat sama seperti sisi timur. Lebarnya sama, furnitur, dan desainnya juga sama. Bedanya, nanti ada halte atau tempat naik andong atau becak," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta Gatot Saptadi di Yogyakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Usai pedestrian dibangun, andong dan becak akan dialihkan melintas di jalur utama Malioboro. Pemda menargetkan, pembangunan pedestrian sisi barat rampung pada akhir 2018.

Pengerjaan revitalisasi pedestrian sisi barat kawasan legendaris ini diperkirakan menelan dana sekitar Rp20 miliar. Usai pembangunan pedestrian di dua sisi rampung, Pemda DIY akan menjadikan Malioboro sebagai kawasan semi pedestrian pada 2019.

"Nanti semua kendaraan bermotor dilarang melintas. Hanya boleh TransJogja, becak kayuh, dan andong. Pengunjung harus berjalan kaki untuk menikmati Malioboro," tegas mantan kepala BPBD ini.

Pembangunan pedestrian sisi barat dilakukan untuk mendukung keberadaan bandara baru di Kulon Progo. Usai bandara beroperasi, diprediksi terjadi peningkatan perputaran ekonomi yang tinggi di Yogyakarta, terutama di kawasan Malioboro.

Saat ini, Pemda DIY tengah mengebut penyelesaian revitalisasi pedestrian tahap dua yang berada di titik nol. Pembangunan toilet bawah tanah di parkiran Senopati juga ditagetkan rampung akhir 2017.


(NIN)