103 Perpustakaan Motor Keliling Polres Brebes Diganjar Rekor MURI

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 15 Nov 2017 15:14 WIB
perpustakaan
103 Perpustakaan Motor Keliling Polres Brebes Diganjar Rekor MURI
Sri Widyawati menyerahkan piagam penghargaan MURI kepada Kapolda Jateng dan Kapolres Brebes, di halaman Mapolres Brebes, Selasa, 15 November 2017. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Brebes: Bhabinkamtibmas Polres Brebes, Jawa Tengah, meluncurkan 103 perpustakaan motor keliling. Program ini diganjar Museum Rekor Indonesia untuk Perpustakaan Motor Keliling Terbanyak.

Rekor tersebut tercatat dalam piagam Museum Rekor Indonesia-Dunia nomer 8220/R.MURI/XI/2017. Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono mengapresiasi program yang tercatat dalam MURI ini.

"Saya sangat mengapresiasi karena nanti Bhabinkamtibmas di desa desa akan sangat membantu program pemerintah daerah terkait program gemar membaca," ujar Condro usai meresmikan kegiatan di Mapolres Brebes, Selasa, 15 November 2017.

Ia berjanji, program yang inovatif ini akan diadopsi dan diterapkan di Polres dan Polresta se-Jawa Tengah. Di tahun 2018 mendatang, program ini juga akan disinergikan dengan program layanan publik. Di antarnya layanan STNK, SKCK dan SIM.


Peluncuran 103 perpustakaan motor keliling di halaman Mapolres Brebes, Selasa, 15 November 2017. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Kapolres Brebes AKBP Sugiarto mengatakan, perpustakaan keliling menggunakan kendaraan roda dua milik operasional Bhabhinkabtimas yang tersebar di 17 Polsek se-Kabupaten Brebes. Perpustakaan motor ini menyasar sekolah-sekolah dan tempat berkumpulnya masyarakat umum.

"Tujuannya untuk membantu warga dalam mendapatkan pengetahuan. Karenanya, setiap petugas perpustakaan keliling akan menyasar ke sekolah pada jam istirahat dan permukiman warga," ucap Sugiarto.

Sementara itu, manajer eksekutif MURI Indonesia Sri Widyawati mengatakan program tersebut tercatat dalam MURI sebagai perpustakaan motor keliling bhabinkamtibmas terbanyak. Yakni ada 103 motor yang digunakan dalam program ini.


 


(SUR)