Tujuh Kereta Kuda Dikirim dari Solo ke Medan

Pythag Kurniati    •    Senin, 20 Nov 2017 16:55 WIB
jokowi mantupernikahan kahiyang-bobby
Tujuh Kereta Kuda Dikirim dari Solo ke Medan
Anwar dan salah satu kereta andongnya.

Solo: Pekan ini putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, melangsungkan pesta adat dan resepsi pernikahannya dengan Bobby Nasution di Medan, Sumatera Utara. Kahiyang membawa pula tujuh kereta kuda dari Solo, Jawa Tengah.

Kereta kuda milik Anwar Muhtadi. Anwar membenarkan keluarga Presiden kembali memesan kereta kudanya. "(Kereta kuda) akan digunakan di Medan," ungkap Anwar, Senin, 20 November 2017.

Hanya, jumlah kereta kuda yang dibawa lebih sedikit dibandingkan yang digunakan di Solo. "Kalau di Solo ada delapan kereta kuda, sedangkan untuk di Medan ada tujuh kereta kuda," paparnya.

Anwar menjelaskan, satu kereta kuda yang digunakan Kahiyang di Solo tak dibawa ke Medan. Selain kereta, Anwar mengirim serta 14 ekor kuda poni sebagai penarik kereta. Tak ketinggalan, 21 orang yang terdiri dari kusir dan kru.

Tujuh kereta dan 14 ekor kuda dikirim dari Solo sejak Sabtu, 18 November 2017 malam. "Menggunakan sembilan truk," ujar dia.

Tujuh truk untuk mengangkut kereta dan dua truk mengangkut kuda. Selama perjalanan, kuda-kuda membutuhkam waktu istrahat tiga kali sehari. 

"Jadi ya berhenti-berhenti. Sebelum berangkat pun sudah kami lakukan cek dokter dan kami beri vitamin," ujarnya.

Saat ditanya dalam acara apa kuda-kuda tersebut dipergunakan, Anwar mengaku belum mengetahui. "Saya kurang tahu," pungkas dia.


(ALB)