Gubernur Jateng Marahi Polisi Pungli di Kantor Samsat

Deo Dwi Fajar Hari    •    Rabu, 05 Oct 2016 13:36 WIB
pungli
Gubernur Jateng Marahi Polisi Pungli di Kantor Samsat
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (berbatik) mengajak Sugiharto (berkopiah), warga pengantre di Kantor Samsat Magelang menunjukkan pelaku pungli. (Metrotvnews.com/Deo)

Metrotvnews.com, Magelang: Dalam perjalanan lawatan ke Magelang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba-tiba membelokkan mobilnya ke Kantor Samsat setempat, Rabu, 5 Oktober. 

Di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) itu, Ganjar bertanya-tanya soal pungutan pada para pengantre loket pengambilan STNK.

Salah satunya kepada Sugiarto. Pria 63 tahun itu mengaku membayar Rp50 ribu pada personel polisi yang bertugas di situ.

"Ayo Bapak ikut saya. Tunjukkan siapa yang meminta uang tadi," Ganjar mengajak Sugiarto ke luar ruangan.

Keduanya lantas berjalan ke loket pelayanan perpajakan STNK. Di situ, Sugiarto menunjuk salah satu petugas, bernisial DH. Polisi berpangkat brigadir inilah yang menerima uang Sugiarto.

"Pengurusan di sini, kan, gratis. Kenapa Bapak minta uang," kata Ganjar pada Brigadir DH.

"Bapak ini tadi salah. Tiba-tiba memberikan uang pada saya," kilah Brigadir DH. Uang Rp50 ribu pun dikembalikan pada Sugiharto.

Ganjar lantas mengumpulkan semua petugas dan Kepala Samsat Magelang. Dia mengaku bakal meneruskan temuan ini kepada Kapolda Jateng. 

"Kita berkomitmen menghilangkan pungli di instansi manapun, termasuk samsat. Banyak sekali keluhan pungli di Twitter (@ganjarpranowo). Sekarang saya menemukan sendiri," kata dia.


(SAN)