PKB Siapkan Pengganti Enthus

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 15 May 2018 19:09 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
PKB Siapkan Pengganti Enthus
Calon petahana dalam Pilkada Kabupaten Tegal Ki Enthus Susmono meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soeselo, Slawi, Senin, 14 Mei 2018. Calon Bupati Tegal tersebut meninggal akibat serangan jantung.

Tegal: Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tegal yang merupakan partai pengusung pasangan calon (paslon) bupati-wakil Bupati Tegal petahana sudah menyiapkan sejumlah nama untuk pengganti almarhum Enthus Susmono. Tapi, hingga saat ini PKB belum bisa menentukan yang akan menentukan Enthus.

"Ada 6 orang. Mungkin salah satu dari enam orang itu menjadi pengganti Enthus Susmono," kata Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tegal, Agus Riyanto, Selasa, 15 Mei 2018. 

Dia mengungkapkan, keenam orang itu yakni, Ketua DPP PKB Bahrudin Nasori (anggota DPR RI dari Fraksi PKB), Dr Edi Utomo (Pengusaha), Ahmad Wasari (Ketua PCNU Kabupaten Tegal), Widodo Joko Mulyono (Sekda Kabupaten Tegal), A Firdaus Assyairozi (Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal), dan Nurohman (pengusaha/owner Mini Market Mutiara Cahaya). 

Menurut Agus Waleh, sapaan akrab wakil rakyat dari Adiwerna ini, keenam orang tersebut merupakan sosok yang pantas untuk menggantikan Enthus Susmono.

"Kalau menurut pendapat saya, mereka cocok semua. Tapi semua itu yang menentukan DPP," ucapnya.

Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal A Firdaus Assyairozi mengaku memang sudah mendata nama-nama yang akan menggantikan Enthus Susmono. Namun demikian, pihaknya belum bisa menyebutkan nama-nama orang tersebut. 

"PKB banyak kader, NU juga banyak kader. Nanti kita lihat semoga tokoh yang terbaik yang menggantikan almarhum," kata Firdaus.

Dia juga tak menampik jika pengganti Enthus Susmono adalah Umi Azizah. Sedangkan pengganti Umi Azizah, DPC PKB akan mengusulkan calon lagi ke DPP. Menurutnya, hal itu tidak dilarang oleh Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). 

"PKPU membolehkan itu. Tapi kita belum bisa menyebutkan sekarang. Kita harus sowan ke para kiai, dan kita minta dawuh ke PCNU dulu," ujarnya.

Walau sudah mencatat nama-nama itu, tapi Firdaus mengaku tidak bisa menentukannya. Sebab, penentuan pengganti calon merupakan kewenangan DPP PKB. Sedangkan DPC hanya bisa mengusulkan atau merekomendasikan ke DPP.

"Kita tunggu satu atau dua hari lagi. Kita saat ini masih berduka. Secepatnya akan kita tentukan siapa penggantinya. Nanti tergantung rapat kami dan istikharoh para kiai," tukasnya.

Ketua DPP PKB Bahrudin Nasori mengaku masih menunggu usulan pengganti Enthus Susmono dari DPC PKB Kabupaten Tegal. Hingga kini, DPC PKB memang belum mengusulkan nama penggantinya. 

"Kalau tidak diganti, nanti kita kehilangan calon di pilkada," ucapnya singkat.


(ALB)