Wisata Kawasan Lereng Merapi Dibuka

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 09 Jun 2018 14:20 WIB
gunung merapiwisata
Wisata Kawasan Lereng Merapi Dibuka
Salah satu kawasan wisata alam di wilayah TNGM di Yogyakarta. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Sleman: Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) membuka akses wisata di kawasan lereng Gunung Merapi. Akses wisata itu sempat ditutup karena letusan Gunung Merapi beberapa waktu lalu. 

Dalam Surat Edaran TNGM Nomor SE 09/ BTNGM/ TU/ Ren/06/ 2018 yang dikeluarkan pada 8 Juni 2018 aktivitas wisata dibuka per tanggal 11 Juni 2018. 
"Aktivitas pengunjung dibuka dengan memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku," kata Kepala TNGM Ammy Nurwati, Sabtu 9 Juni 2018. 

Pembukaan akses wisata itu berlaku baik di wilayah Yogyakarta maupun Jawa Tengah. Di Yogyakarta, obyek wisata yang dibuka yakni Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo di Kaliurang, Kecamatan Pakem; serta Panguk dan Plunyon, Kalikuning Kecamatan Cangkringan. 

Sementara itu, wisata yang juga dibuka ada di Deles, Kecamatan Kemalang, Kabupetan Klaten. Kemudian, ada Jurang Jero, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. 

Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Joko Supriyanto mengatakan, pelaku wisata harus memberikan fasilitas relawan dan armada jika terjadi peningkatan aktivitas Gunung Merapi. Mengingat, hingga kini Gunung Merapi masih berstatus waspada. 

Ia menambahkan, pengunjung harus juga diberikan sosialisasi tentang yang keamanan berwisata di tengah situasi Gunung Merapi saat ini. "Setidaknya, pengunjung obyek wisata harus paham untuk tetap waspada dan menjaga keselamatan," ungkapnya.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta masih mencatat tingginya aktivitas magmatik Gunung Merapi. Setidaknya, kegempaan masih kerap terjadi di gunung tersebut. Status Gunung Merapi hingga saat ini masih waspada dan radius aman masih tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. 



(ALB)