Kapal Terakhir Berlayar ke Karimunjawa H-2 Lebaran

Rhobi Shani    •    Senin, 11 Jun 2018 13:20 WIB
hari raya idul fitri
Kapal Terakhir Berlayar ke Karimunjawa H-2 Lebaran
Suasana di Dermaga Kartini Jepara saat pemudik hendak menyeberang ke Kepulauan Karimunjawa, Senin, 11 Juni 2018, Medcom.id - Rhobi Shani

Jepara: Dua kapal yang biasa melayani penyebarangan dari Jepara ke kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terakhir belayar pada dua hari menjelang Idulfitri (H-2) atau Rabu, 13 Juni 2018. Hari ini, lonjakan pemudik menuju wilayah terluar Kabupaten Jepara itu sudah nampak di Dermaga Kartini Jepara.

Dua kapal penumpang yang biasa melayani penyebrangan, yaitu KMP Siginjai yang dioperasikan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP). Sementara, KMC Express Bahari dioperasikan PT Sakti Inti Makmur (SIM).

Kepala PT SIM Cabang Jepara Sugeng Riyadi menyampaikan, dua kapal motor cepat (KMC) yang biasa dioperasikan akan berhenti pada Kamis, 14 Juni 2018. KMC Express Bahari terkahir berlayar sebelum lebaran pada, Rabu, 13  Juni 2018.

“Hari ini penumpang penuh. Rabu jalan, Kamis dan Jumat libur, Sabtu jalan lagi dua kapal,” ujar Sugeng, Senin, 11 Juni 2018.

Sugeng melanjutkan, untuk tiket pelayaran hari Rabu, 13 Juni 2018, saat ini sudah terjual lebih dari 50 kursi. Sementara, kapasitas kapal tidak lebih dari 400 penumpang.

“Kalau untuk Sabtu, 16 Juni 2018, malah sudah penuh. Dua kapal 750 penumpang tiketnya sudah habis. Kebanyakan penumpang wisatawan,” ungkap Sugeng.

Manejer Keuangan PT ASDP Cabang Jepara Ainul mengungkapkan, KMP Siginjai terakhir berlayar sebelum lebaran dari Jepara, Rabu, 13 Juni 2018. KMP berkapasitas tidak lebih dari 300 penumpang akan kembali berlayar dari Jepara menuju Karimunjawa, pada, Minggu, 17 Juni 2018.

“Jadwal libur lebaran ini sudah kami sampaikan pada masyarakat, juga sudah kami pasangan pengumuman di pelabuhan. Mulai Kamis sampai Sabtu tidak berlayar, kembali berlayar Minggu,” pungkas Ainul.



(RRN)