Tahun Ini, Pemda DIY Targetkan Seluruh Desa Bebas Buang Hajat Sembarangan

Patricia Vicka    •    Senin, 20 Mar 2017 15:02 WIB
lingkungan
Tahun Ini, Pemda DIY Targetkan Seluruh Desa Bebas Buang Hajat Sembarangan
Ilustrasi -- MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan seluruh wilayahnya bebas dari buang air besar sembarangan (BABS) pada 2017. Demi mewujudkannya, Pemda mendeklarasikan kampanye `Yogyakarta Bebas BABS 100%`

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun menjelaskan, gerakan ini bertujuan mengajak seluruh warga DIY berhenti membuang hajat sembarangan. Kampanye ini juga dibuat untuk mencapai target pemerintah pusat untuk bebas BABS 100 persen di 2019.

Hingga saat ini, 90,64% desa di DIY sudah bebas BABS. Tersisa 41 desa dari 438 desa di DIY yang belum bebas BABS.

Desa yang belum bebas BABS paling banyak berada di Kulonprogo, yakni 21 desa. Sedangkan, di Bantul masih ada 15 desa belum bebas BABS dan Sleman lima desa.

"Kami mau menggenjot agar 41 desa ini siap mendeklarasikan diri bebas BABS sebelum acara (kampanye) berlangsung," kata Pembajun, Senin, 20 Maret 2017.

Deklarasi rencananya dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di KUlonprogo. Lokasi acara sengaja dipilih di Kulonprogo demi menegaskan komitmen Pemerintah Kulonprogo memberantas kebiasaan BABS.

Pembajun menilai, beragam manfaat dan peningkatan kualitas kesehatan akan terealisasi jika kebiasaan BABS bisa dihilangkan 100 persen. Di antaranya, bisa menekan angka diare menjadi 96 persen, serta membersihkan sungai dari bakteri E-Coli.

Demi mencpaai target ini, masyarakat akan diberi sosialisasi dan diajak merubah kebisaan buang hajat sembarangan. Dinkes bekerjasama dengan Dinas PUP ESDM juga akan membangun jamban di rumah warga yang belum memiliki jamban yang layak.


(NIN)