Ini Alasan Kepala Basarnas DIY Ditetapkan Tersangka

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 22 Nov 2016 19:54 WIB
kasus korupsi
Ini Alasan Kepala Basarnas DIY Ditetapkan Tersangka
Ilustrasi/Popularliberty

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan Kepala Basarnas DIY, WR sebagai tersangka korupsi. WR diduga tidak cermat dalam kasus pengadaan lahan dan diduga menerima uang ratusan juta rupiah.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejati DIY, Azwar, menjelaskan kasus itu bermula saat Basarnas DIY hendak membangun pos SAR di Kabupaten Gunungkidul. WR membayarkan uang Rp5,8 miliar kepada orang bernama Dias yang mengaku memiliki kuasa menjual tanah. Sementara, total anggaran untuk pengadaan lahan itu Rp6 miliar dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2015.

"Surat kuasa yang dimiliki (Dias) ini tidak asli. Di sini, orang yang bertanggung jawab adalah WR," kata Azwar, Selasa (22/11/2016).

Azwar menjelaskan, setelah mengonfirmasi pemilik lahan, Istuti dan Jaka, keduanya mengaku tak memberikan kuasa menjual tanah kepada Dias. Dias telah menjadi tersangka tiga bulan lalu.

"Ternyata, pembayaran yang dilakukan salah sasaran. Uang sudah dibayarkan tapi sertifikat kepemilikan tanah tidak ada sampai sekarang," kata dia.

Selain perkara itu, WR juga diduga melakukan permainan dalam proyek tersebut. Azwar menduga WR mendapat uang Rp160 juta yang masuk ke rekening pribadi.

"Kami menganggap WR sebagai orang paling bertanggung jawab dalam masalah ini. Kasus ini sekarang dalam tahap penyidikan," ujarnya.

Kejati DIY mendakwa WR melanggar Pasal 2 atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 junto UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


(UWA)