3 Negara Bahas Keamanan Maritim Selat Malaka di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Senin, 26 Sep 2016 17:45 WIB
keamanan laut
3 Negara Bahas Keamanan Maritim Selat Malaka di Yogyakarta
Pembukaan Tripartite Technical Expert Group di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta, Senin (26/9/2016). Foto: Kemenhub

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tiga negara yang tergabung dalam Tripartite Technical Expert Group (TTEG), yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura, membahas keamanan maritim Selat Malaka, di Hotel Ambarukkmo, Yogyakarta. Pertemuan ini akan berlangsung mulai Senin 26 September hingga Jumat 30 September 2016.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Kementerian Perhubungan, Hemi Pamuraharjo, mengatakan pertemuan ini digelar atas adanya kesadaran terhadap pentingnya keamanan dan keselamatan maritim di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura. 

Sebab, kata dia, kedua selat tersebut merupakan jalur strategis yang menghubungkan perekonomian ketiga negara dengan dunia.

"Jalur pelayaran di sana sempit, sehingga diharapkan ada penajaman mengenai layanan pemanduan kapal di kedua selat ini," ujar Hemi, melalui keterangan tertulisnya, di Yogyakarta, Senin (26/9/2016).

Ia juga berharap ada pembahasan dan solusi dari setiap persoalan yang timbul. 

Pertemuan TTEG dibuka Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo, perwakilan Pemda Asisten bidang keekonomian DIY Gatot Saptadi, dan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub A. Tonny Budiono.

Selain TTEG, acara ini dirangkaikan dengan pertemuan tingkat tinggi IX Forum Kerjasama (CF) dan Project Coordination Committee (PCC). Forum ini turut dihadiri negara-negara lain berkepentingan di Selat Malaka, seperti Tiongkok, Australia, dan India.




(UWA)