40 Instansi Peroleh Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Pythag Kurniati    •    Jumat, 25 Aug 2017 18:36 WIB
penghargaanpelayanan publik
40 Instansi Peroleh Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik
Menko PMK Puan Maharani memberikan penghargaan pada kementerian, lembaga dan kepala daerah dengan inovasi pelayanan publik terbaik.--MTVN/Pythag--

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 40 penghargaan karya inovasi dalam pelayanan publik diterima sejumlah kementerian, lembaga, serta kepala daerah di Indonesia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat Pembukaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengungkapkan, 40 penghargaan diberikan setelah adanya seleksi ketat dari Kementerian PAN RB. "Kami menugaskan Kementerian PAN RB untuk menyeleksi 3.054 instansi di Indonesia," ungkap Puan, Jumat, 25 Agustus 2017.

Seleksi menghasilkan 40 instansi dan kepala daerah dengan inovasi pelayanan publik terbaik di Indonesia. Penghargaan tersebut, lanjut Menko PMK, bukan hanya sebagai bentuk apresiasi terhadap pelayanan publik.

"Penghargaan membuktikan bahwa secara konkret mereka sudah mengimplementasikan revolusi mental," kata Puan. Sebab, gerakan nasional revolusi mental membutuhkam keteladanan, utamanya dalam pelayanan publik yang ramah, baik, tepat waktu serta tepat prosedur.

Puan mengingatkan, gerakan revolusi mental harus dilakukan secara bersama-sama oleh kementerian hingga kepala daerah. Seperti yang tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Adapun kementerian, lembaga dan kepala daerah tersebut antara lain PT. Taspen, Pemkot Pontianak, Pemkot Sukabumi, Pemkot Kupang dan Pemkot Surakarta.

Kemudian Pemkot Makassar, Pemkot Semarang, Pemkot Surabaya, Pemkot Banda Aceh, Pemkab Teluk Bintuni, Pemkab Banyuwangi, Pemkab Pamekasan, Pemkab Siak. Lalu Pemkab Sinjai, Pemkab Flores Timur, Pemkab Kapuas.

Penghargaan juga diperoleh Pemprov Bali, Pemprov Sulawesi Selatan, Pemprov Kalimantan Barat, Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Jawa Timur dan Pemprov DKI Jakarta.

Sedangkan kementerian yang mendapatkan penghargaan ini yakni Kementerian LHK, Kementerian Pertanian, Kementerian ESDM, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Hukum dan HAM.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan inovasi di Kementerian LHK yakni berupa sistem penatausahaan kayu. Sistem ini sudah setahun dijalankan.

"Mulai dari ditebang, ada barcode sampai diekspor langsung kelihatan. Jadi enggak ada lagi pungutan liar," kata Siti usai menerima penghargaan.


(ALB)