Gangguan ATM tak Pengaruhi Aktivitas Warga di Semarang

Patricia Vicka, Mustholih    •    Selasa, 29 Aug 2017 18:46 WIB
gangguan atm
Gangguan ATM tak Pengaruhi Aktivitas Warga di Semarang
Warga berjejer di depan ATM BCA di Yogyakarta, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Semarang: Mesin anjungan tunai mandiri (ATM) BCA di Semarang, Jawa Tengah, masih ada yang bisa digunakan untuk transaksi tarik tunai. Di Kantor Cabang Bank BCA Jalan Pandanaran, Semarang, misalnya, sejumlah nasabah melakukan transaksi dengan mudah.

"Bisa tarik tunai kok. Enggak ada kendala," kata Amar salah satu nasabah Bank BCA yang baru saa melakukan tarik tunai lewat mesin ATM, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 29 Agustus 2017.

Seorang juru parkir BCA di Jalan Pandanaran, Tanto, menyatakan mesin ATM di tempatnya mengais rejeki itu sejak kemarin sudah menjadi tujuan nasabah BCA melakukan tarik tunai. 

"Dari kemarin masih bisa tarik. Di tempat lain banyak enggak bisa. Tempat ini salah satu yang bisa tarik tunai. Jadi ATM ini jadi tujuan banyak nasabah tarik tunai," tegas Tanto.

Namun, kebanyakan mesin ATM di Semarang kebanyakan berhenti beroperasi. Di sepanjang Jalan Majapahit hingga Bundaran Simpang Lima Semarang, ATM BCA rata-rata dalam kondisi offline.

Bahkan, mesin ATM BCA yang berada di lantai dasar Bank Indonesia pun juga tidak bisa digunakan. Di layar ATM, tertulis pembetitahuan bahwa mesin untuk sementara waktu tidak beroperasi.

Seorang petugas keamanan, Didi, menyatakan mesin tidak bisa dipakai tarik tunai sejak kemarin. "Sudah dari kemarin tidak bisa dipakai. Saya kira sekarang sudah bisa dipakai. Ternyat belum ya," terang Didi.

Di Yogyakarta, Aktivitas Warga Terganggu

Lain lagi dengan Yogyakarta. ATM yang offline mengakibatkan aktivitas warga terganggu.

Salah seorang warga Tukangan Kota Yogyakarta, Fajar Bembi mengatakan ia tidak bisa menarik tunai di ATM BCA minimarket akibat jaringan error. Ia sudah mencoba mendatangi beberapa ATM BCA disejumlah minimarket merek Alfa Maret dan Indomaret, Namun haslnya nihil. 

Padahal, pria yang memiliki usaha katering ini sangat membutuhkan uang tunai dalam waktu cepat untuk berbelanja bahan makanan. Akibatnya ia terpaksa menunda berbelanja bahan makanan selama beberapa hari.  Fajar memutuskan datang ke bank BCA yang berada di Jalan Jendral Sudirman untuk menarik uang.

"Saya tidak bisa narik uang sejak tiga hari lalu. Terpaksa ga beli bahan makanan dulu. Saya coba cari tahu dimana bisa narik duit. Akhirnya datang kesini," kata Fajar di ATM Bank BCA jalan Jendral Sudirman Yogyakarta, Selasa 29 Agustus 2017.

Hal serupa juga dialami oleh Windi, seorang ibu rumah tangga. Ia sudah mencoba menyambangi ATM disejumlah pusat perbelanjaan seperti Matahari, Galeria Mall dan MInimarket Alfamart dan Indomaret. Namun ia tidak bisa menarik uang di ATM BCA setempat. Hal ini menyulitkan Windy untuk berbelanja di pasar tradisional.

 Ia terpaksa harus menempuh jarak yang cukup jauh dari rumahnya di sekitar Lempuyangan untuk menarik uang di ATM Bank BCA jalan Jendral Sudirman. 

"Kalau dipasarkan mana bisa gesek. Saya ngeri kalau bawa uang banyak juga kemana-mana. Klau musti narik uang ke sini terus, saya repot," jelas Windi.

Ia berharap agar Bank BCA bisa secepatnya memindahkan jaringan ATM yang rusak ke jaringan lainnya agar bisa digunakan kembali.

Hingga kini pihak BCA cabang DIY belum bisa dihubungi. Pantauan Metrotvnews.com sejumlah ATM BCA di Indomaret dan Alfamaret masih offline dan belum bisa menarik uang. Sementara di kantor pusat dan cabang Bank BCA, ATM tidak mengalami gangguan. Tidak ada antrian panjang di depan ATM Kantor BCA.


(RRN)