BPBD Pati Pasok Air Bersih ke 59 Desa

Rhobi Shani    •    Rabu, 13 Sep 2017 15:25 WIB
kemarau dan kekeringan
BPBD Pati Pasok Air Bersih ke 59 Desa
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Pati: Sejak sepekan terakhir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati sudah memasok air bersih ke 59 desa. Desa tersebut tersebar di enam kecamatan, yaitu Batangan, Jakenan, Puncak Wangi, Gabus, Sukolilo, dan Kayen.

Ketua Pelaksana BPBD Pati Sanusi Siswoyo menyampaikan, pemasokan air bersih dilakukan secara bergantian di setiap kecamatan. Setiap desa mendapat pasokan 10.000 liter air bersih.

"Pasokan air kami koordinasikan dengan instansi-instansi terkait, seperti TNI, PDAM, dan dunia usaha. Digilir bergantian setiap kecamatan," kata Sanusi di Pati, Jawa Tengah, Rabu 13 September 2017.

(Baca: 97 Desa di Pati Berpotensi Kekeringan)

Sanusi mengatakan, kekeringan di Bumi Mina Tani masih dalam status siaga. Sebab, krisis air bersih yang tersebar di enam kecamatan masih bisa ditangani.

"Dari 59 desa ini belum ada yang masuk dalam zona merah kekeringan. Saat ini, statusnya masih siaga karena masih bisa ditangani," ungkap Sanusi.

Kekeringan tahun ini, lanjut Sanusi, banyak terjadi di wilayah Pati selatan. Berdasar hasil pemetaan BPBD, sebanyak 97 desa di Pati berpotensi kekeringan. Desa-desa tersebut tersebar di 10 kecamatan.


(NIN)