Bank Air Solusi Jangka Panjang untuk Kekeringan

Rhobi Shani    •    Sabtu, 02 Sep 2017 16:54 WIB
kemarau dan kekeringan
Bank Air Solusi Jangka Panjang untuk Kekeringan
Penerjunan air bersih menjadi solusi jangka pendek yang sering dipakai saat kekeringan terjadi di musim kemarau. Foto: Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memprediksi musim kemarau akan berlangsung hingga awal November. Bank air dipercaya dapat menjadi solusi jangka panjang untuk kekeringan yang terus berulang.

BPBD Jepara sudah mengusulkan program bank air ke pemerintah daerah. Nantinya, bank air akan memanfaatkan saluran irigasi dari permukiman yang kemudian disimpat di tempat penampungan air.

Air yang disimpan saat musim hujan, dapat digunakan saat krisis air terjadi di musim kemarau. “Jadi musim hujan adalah musim panen air. Sehingga bisa dimanfaatkan saat kekeringan atau untuk pendinginan wilayah perkotaan,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Jepara, Lulus Suprayetno pada Sabtu 2 September Agustus 2017.

Selain mengajukan program bank air, BPBD juga melakukan geolistrik. Program geolistrik yang sudah berjalan ini bertujuan untuk mengetahui aliran air bawah tanah.

Jaringan air bawah tanah pun dapat dimanfaatkan. Eksploitasi air tanah dapat dikontrol.

“Selain itu juga untuk pengelolaan sumberdaya air bawah tanah. Hasilnya juga bisa dimanfaatkan PDAM,” ujar Lulus,

Lulus mengatakan penurunan air permukaan terjadi pada musim kemarau saat ini terjadi. Akibatnya, suhu menjadi meningkat dan tanaman banyak yang kekurangan air.

Dampak lainnya, tiupan angin cukup besar tidak tertahan dan berpotensi menjadi menjadi bencana. Terutama di daerah-daerah tepi pantai dan lereng gunung

"Maka tidak heran jika sekarang sering terjadi angin besar dan puting beliung. Contohnya kemarin di Mayong ada pohon tumbang,” beber Lulus.


(SUR)