Dana BOS Bisa Dipakai Beli Buku

Patricia Vicka    •    Senin, 18 Sep 2017 14:09 WIB
pendidikan
Dana BOS Bisa Dipakai Beli Buku
Ilustrasi dana, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY mempersilakan sekolah untuk menambah jumlah buku bacaan siswa diluar buku kurikulum sekolah. Sekolah bisa menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) atau Bosda bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA).

Kepala Disdikpora DIY Baskara Aji mengatakan, peraturan dana BOS atau BOSDA boleh dipakai untuk membeli buku-buku untuk menunjang pelajaran sekolah. "Kami sudah minta sekolah pakai Bos/ Bosda untuk beli buku non kurikulum. Besaran yang bisa dipakai sekitar 5 persen," ujar Aji, Senin 18 September 2017.

Pembelian buku-buku penting dilakukan guna mendukung program peningkatan literasi yang tengah digalakkan presiden Jokowi. Peningkatan literasi membaca tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 mengenai Penguatan Pendidikan Karakter.

Selain itu menurut Aji, ketersediaan buku-buku bacaan siswa non kurikulum masih minim. Pemerintah membebaskan sekolah untuk mengatur pembelian buku bacaan ini termasuk memilih judul buku dan jumlahnya. 

Disdikpora juga telah melatih guru, dan siswa melalui OSIS agar bisa memacu minat membaca para siswa. "Kami minta guru memberi kesempatan siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan literasinya baik lewat tugas atau dalam kegiatan belajar mengajar," ujarnya.

Humas SMAN 3 Kota Yogyakarta Agus Santosa mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya meningkatkan minat membaca dan menulis siswa. Caranya melalui pemberian tugas mandiri dan berkelompok. 

"Kami minta siswa membuat cerpen, sinopsis buku, naskah drama bahkan puisi. Lalu secara kelompok atau mandiri mereka diminta mementaskan drama atau membacakan puisi ciptannya," jelas Agus.



(ALB)