Hujan Deras Diprediksi Merata di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Jumat, 24 Nov 2017 11:09 WIB
cuaca ekstrem
Hujan Deras Diprediksi Merata di Yogyakarta
Ilustrasi hujan, Ant

Yogyakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan angin kencang dan petir semakin sering terjadi pada sepekan ke depan. Curah hujan juga makin meningkat.

Kepala Kelompok Operasional Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Joko Budiono o menjelaskan awan-awan pembuat hujan akan lebih banyak timbul. "Jadi pekan depan hujan lebat akan terjadi lebih sering dan merata terjadi di seluruh wilayah DIY. Angin kencang dan petir juga lebih banyak," jelas Joko melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Kamis, 23 November 2017.

Ia menjelaskan pantauan BMKG seluruh wilayah DIY sudah memasuki musim penghujan di awal November. Saat itu hujan mulai turun rutin namun intensitas dan wilayahnya belum merata. Hujan deras terjadi di wilayah Sleman dan Kulon Progo.

"Lalu di Bantul, Kota Yogyakarta dan Gunungkidul bagian utara, dengan intensitas sedang. Sebagian wilayah di selatan Kabupaten Gunungkidul belum dilanda hujan," tutur dia.

Pantauan BMKG, peningkatan curah hujan dipicu adanya tekanan angin lebih rendah di wilayah selatan Jawa Timur. Hal itu membuat terjadi belokan dan pertemuan angin di seluruh pulau Jawa. 

"Belokan dan pertemuan angin memunculkan awan-awan pembuat hujan. Sehingga seminggu ke depan lebih sering hujan deras," papar Joko.

Joko mengimbau warga berhati-hati di musim hujan. Bila melihat awan besar dan gelap menggumpal di langit, Joko mengatakan itu menandakan hujan deras akan turun. Joko meminta warga menghindari pohon besar yang rapuh karena angin kencang diprediksi menerjang.


(RRN)