Rekayasa Lalu Lintas di Brebes Tergantung Kondisi

Supardji Rasban    •    Sabtu, 23 Dec 2017 18:37 WIB
natal dan tahun baru
Rekayasa Lalu Lintas di Brebes Tergantung Kondisi
pintu tol Brebes Timur. Foto: MI/ Supardji Rasban

Brebes: Arus lalu lintas libur Natal dan tahun baru sepanjang Sabtu 23 Desember di simpang tiga keluar pintu tol Brebes (Brexit) maupun Jalur Patura arah Semarang melalui Tegal, Jawa Tengah, ramai lancar. Ribuan kendaraan dari arah Jakarta tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur masih terus mengarus namun tidak menimbulkan kemacetan.

Beberapa kali sempat terjadi kepadatan, dan polisi melakukan contraflow maupun penarikan arus kendaraan. "Secara umum kepadatannya sudah menurun, tapi kita terus mewaspadai kemungkinan terjadinya kemacetan," ujar Kapolres Brebes, AKB Sugiarto, Sabtu 23 Desember 2017. 

Kapolres menyebut pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres Tegal Kota, jika ada penyumbatan arus lalu lintas dari dalam kota Tegal. "Kita terus berkoordinasi untuk memutuskan pemberlakukan rekayasa lalu lintas," terang Kapolres.

Sepanjang Sabtu Polres Tegal Kota juga beberapa kali melakukan contraflow, kendaraan yang menuju ke timur, yakni Semarang dan Yogyakarta dialihkan ke jalingkut sejak depan Terminal Tegal. "Sedangkan kendaraan diarahkan lurus untuk menghindari kemacetan," ujar petugas Pos Pengamanan di Terminal Tegal, Brigadir Supriyadi.

Kapolres Tegal AKB Jon Wesly Arianto, menjelaskan pengamanan dengan rekayasa lalu lintas akan terus diberlakukan secara kondisional. Jika terjadi lonjakan kendaraan di pintu keluar Tol Brebes Timur (Brexit),

Polres Tegal Kota sudah menyiapkan jalur alternatif jalingkut. "Untuk buka tutup arus serta contra flow juga akan dilakukan kondisional. Petugas akan memantau intensif pergerakan arus dari perbatasan Brebes dan kabupaten Tegal," jelas Jon Wesly.



(ALB)