Kapal Dharma Kencana II bakal Dievakuasi

Mustholih    •    Senin, 30 Oct 2017 18:43 WIB
kapal terbakar
Kapal Dharma Kencana II bakal Dievakuasi
KM Dharma Kencana II dari kejauhan -- dok. BNPB

Metrotvnews.com, Semarang: Kapal Motor Dharma Kencana II yang mengalami kebakaran di perairan Karimunjawa, Jawa Tengah, bakal dievakuasi ke pinggiran. Langkah tersebut dilakukan setelah api yang melahap kapal yang semula hendak bertolak ke Pontianak, Kalimantan, itu berhasil dipadamkan.

"Kapal akan ditarik dengan dibantu tugboat (kapal penarik) dari Surabaya," kata Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas, Gajah Rooseno, saat dihubungi Metrotvnews.com, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 30 Oktober 2017.

Namun, Gajah mengaku belum tahu apakah Dharma Kencana II akan dibawa ke Semarang, Jawa Tengah, atau Surabaya, Jawa Timur. Menurut Gajah, proses pemulangan Dharma Kencana sepenuhnya hak PT Dharma Lautan Utama selaku pemilik kapal. 

"Kita cuma minta supaya cepat diamankan agar tidak membahayakan. Kita harap evakuasi jangan malam," ujar Gajah menegaskan.

Manajer Cabang Semarang PT Dharma Lautan Kencana, Herman Fajar, menyatakan kapal penarik Dharma Kencana II sudah berangkat dari Surabaya tadi pagi. "Kapal tugboat sudah berangkat tadi pagi. Tapi belum tahu apakah Dharma Kencana II sudah ditarik atau belum," ujar Herman saat dihubungi terpisah.

Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II mengalami musibah di perairan Karimunjawa, Jawa Tengah. Kapal penumpang yang sedang berangkat dari Semarang, Jawa Tengah, ke Pontianak, Kalimantan Timur, itu terbakar  di 46 mil barat laut Karimun Jawa pada pukul 03.45 WIB, Minggu, 29 Oktober 2017.

Dharma Kencana II mengangkut 132 penumpang dewasa, 4 anak-anak, dua bayi, 40 kawak kapal, dan 31 vendor kapal. Semua orang yang ada dalam Dharma Kencana II berhasil menyelamatkan diri setelah turun dari kapal dengan menggunakan skoci.




(ALB)