Kemenhub Terapkan e-Tilang di Seluruh Jembatan Timbang

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 02 Jan 2018 09:27 WIB
sistem tilang elektronikjembatan timbang
Kemenhub Terapkan e-Tilang di Seluruh Jembatan Timbang
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi -- medcom.id/Kuntoro Tayubi

Brebes: Kementrian Perhubungan (Kemenhub) segera menerapkan program e-Tilang untuk jembatan timbang di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan jalan, baik tol maupun jalan arteri, yang disebabkan kelebihan muatan truk.

"Kita sudah mengidentifikasi penyebab kerusakan di jalan tol maupun arteri, di antaranya adalah jembatan timbang yang belum bekerja optimal," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di pintu Tol Brebes Timur, Brebes, Jawa Tengah, Senin, 1 Desember 20117.

Budi menjelaskan, biasanya sopir truk yang muatannya melebihi batas memilih titip sidang kepada petugas jembatan timbang. Nantinya setelah diterapkan e-Tilang, para sopir truk tersebut bisa langsung membayar ke bank.

"Jadi, tidak ada transaksi di situ. Ini untuk menghindari pungli juga," terangnya.

Saat ini, lanjut Budi, ada 42 jembatan timbang sedang diperbaiki fasilitas dan SDM-nya. Ia juga mengaku, sudah meminta disediakan ATM di setiap jembatan timbang untuk mempermudah pelanggar membayar e-Tilang.

"Saya meminta (e-Tilang) Januari ini sudah berjalan di 42 jembatan timbang di seluruh Indonesia. Bertahap, nanti semuanya. Kita sedang membangun aplikasi dan sistemnya," pungkasnya.


(NIN)