Hujan Lebat, Pohon & Tiang Listrik Roboh di Bantul

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 15 Oct 2016 14:08 WIB
pohon tumbang
Hujan Lebat, Pohon & Tiang Listrik Roboh di Bantul
Ilustrasi pohon tumbang. Foto: MI/Furqon

Metrotvnews.com, Bantul: Puluhan pohon di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tumbang akibat hujan lebat pada Jumat sore 14 Oktober 2016. Pohon tumbang tersebut terjadi di empat kecamatan, yakni Kecamatan Bambanglipuro, Srandakan, Kretek, dan Sanden.

"Cukup banyak pohon yang tumbang. Tapi di kecamatan Sanden hanya sebagian kecil," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu (15/10/2016).

Dwi menjelaskan, hujan lebat tak hanya menumbangkan pohon. Ada 12 tiang listrik ikut roboh. "Tiang listrik yang roboh ada di Jalan Samas. Akibatnya listrik sempat mati beberapa jam," ujarnya.

Usai peristiwa itu, BPBD Kabupaten Bantul berkoordinasi dengan PLN. Ia menyebut aliran listrik yang sempat padam sejak sore, baru berfungsi kembali sekitar pukul 24.00 WIB.

Robohnya 12 tiang listrik tidak menimbulkan kerusakan. Justru pohon tumbang yang merusak sejumlah rumah warga.

"Usai kejadian, kami langsung menutup sementara jalanan yang rawan pohon tumbang. Hari ini kami masih melanjutkan evakuasi," kata dia.

Ia berharap masyarakat ikut bersikap bijak dengan lingkungannya. Dwi mengimbau masyarakat memangkas pohon tinggi yang ada di sekitar hunian.


(UWA)