Mendagri Konsultasikan Pelantikan Gubernur DIY

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 21 Sep 2017 17:39 WIB
keraton yogyakarta
Mendagri Konsultasikan Pelantikan Gubernur DIY
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tengah memproses pelantikan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ia mengaku sudah menerima surat soal permintaan pelantikan Gubernur DIY yang baru.

Tjahjo berkata, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah sudah ditugaskan untuk berkomunikasi dengan DPRD dan Pemda DIY. "Sudah kita laporkan juga ke Presiden. Apakah nanti pelantikannya Oktober ini," kata Tjahjo di Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Badan Pengembangan Sumberdaya, Kementerian Dalam Negeri, Yogyakarta, Kamis 21 September 2017.

Tjahjo menyebut, Gubernur DIY bisa dilantik di Yogyakrta atau Jakarta. Gubernur DIY bisa saja dilantik bersama kepala daerah DKI Jakarta terpilih.

"Yang penting (pelantikan) di Istana, bisa Jakarta atau Yogyakarta. Bisa bersamaan pelantikan Gubernur DKI dan DIY atau masing-masing. Sedang kita ajukan ke Sekretariat Negara," katanya.

Ia enggan menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal gender pemimpin Keraton Yogyakarta yang otomatis menjadi Gubernur DIY. Menurut dia, MK tak melihat gender laki-laki atau perempuan.

Tjahjo juga menolak berkomentar tentang urusan di internal Keraton Yogyakarta. Tjahjo menyatakan, setiap pihak memiliki persepsi masing-masing soal ini.

"Ada ranah masing-masing. Kita menjalankan undang-undang. Saya hanya berpegang pada aturan," ujarnya.


(SUR)