Jembatan Gerdu Jepara Butuh Perbaikan

Rhobi Shani    •    Jumat, 21 Jul 2017 13:59 WIB
jembatan rusak
Jembatan Gerdu Jepara Butuh Perbaikan
Seorang warga melintasi jembatan yang menghubungkan Desa Gerdu dengan Dukuh Ndoro Payung, Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah -- MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Jembatan yang menghubungkan Desa Gerdu dengan Dukuh Ndoro Payung, Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah, sudah bertahun-tahun rusak. Besi pengaman jembatan sepanjang 120 meter ini keropos di sejumlah bagian.

Pijakan kayu juga banyak yang copot di beberapa tempat. Warga harus ekstra hati-hati setiap kali melintassi jembatan setinggi 5 meter dari permukaan air itu.

"Rusaknya sudah lama. Kalau tidak salah tahun 2011. Katanya akan diperbaiki, tapi sampai sekarang kondisinya masih saja seperti itu (rusak)," kata Sarbini, warga Gerdu, Jumat 21 Juli 2017.

Menurut Sarbini, warga yang melintasi jembatan harus ekstra hati-hati. Jika ada yang hendak melintasi naik sepeda motor, harus bergantian.

Sarbini mengatakan, beberapa bagian sudah pernah diperbaiki warga secara mandiri. Seperti lantai jembatan yang berlubang ditambal dengan aspal. Namun, perbaikan itu tidak bertahan lama.

"Padahal jembatan ini setiap harinya banyak dilewati warga. Saya juga setiap hari melewatinya karena harus memelihara ternak di seberang sungai," kata Sarbini.

Senada, Sarlan mengaku harus super hati-hati saat melintasi jembatan. Ia nekat menggunakan jembatan rusak karena enggan memutar sejauh 5 kilometer.

"Kalau jembatan di sana-sana sudah diperbaiki, tapi yang ini belum. Padahal, warga menggunakan jembatan ini untuk mengangkut hasil pertanian dari sini (Gerdu) ke Demak," beber Sarlan.


(NIN)