Ribuan Masyarakat Antusias Tonton Kirab Prajurit FKN XI

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 16 Sep 2017 15:16 WIB
Ribuan Masyarakat Antusias Tonton Kirab Prajurit FKN XI
Peserta kirab Festival Keraton Nasional (FKN) XI. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Ribuan masyarakat antusias menyaksikan pembukaan Festival Keraton Nusantara XI di Cirebon, Jawa Barat. Kirab prajurit paling menyedot perhatian.

Dalam kirab tersebut, ratusan peserta dari keraton dan kerajaan di Nusantara turut serta. Mereka berlomba menampilkan adat dan kesenian daerah masing-masing.

Kirab dimulai dari Alun-alun Kasepuhan Cirebon dan berakhir di Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon.


Warga antiusias menyaksikan peserta kirab Festival Keraton Nasional (FKN) XI berlalu di jalan utama Kota Cirebon, Jawa Barat. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Eriz Mukaerizah, salah satu warga mengaku sangat senang menyaksikan parade ratusan prajurit dari berbagai latar budaya ini. Selain semarak, kegiatan ini juga bisa memberikan pemahaman tentang kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia.

Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pesantren Buntet ini bahkan membawa sejumlah muridnya. “Rombongan naik mobil bersama murid-murid, untuk menyaksikan secara langsung FKN ini,” kata Eriz di Cirebon, Sabtu 16 September 2017.

(Baca: Ratusan Kerajaan Ikut Kirab Prajurit Keraton se-Nusantara)

Sementara itu, Kepala Bidang Sejarah Purbakala dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Barham mengaku bangga dengan digelarnya FKN. Menurut Barham, kegiatan tersebut secara tidak langsung dapat melestarikan dan mempromosikan kebudayaan yang ada di Indonesia ke masyarakat luas.

"Saya bangga dengan warga Cirebon, antusiasnya untuk menyaksikan kegiatan ini sangat luar biasa," kata Barham.


Peserta kirab Festival Keraton Nasional (FKN) XI. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

FKN XI diselenggarakan di Cirebon Jawa Barat mulai dari 15 September hingga 19 September 2017. Dalam kegiatan ini, kerajaan-kerajaan akan menampilkan adat dan kesenian masing-masing dalam sejumlah pagelaran.

Selain itu, kerajaan yang hadir juga akan terlibat dalam pameran benda pusaka. Rencananya, FKN XI ini akan ditutup langsung oleh Presiden Jokowi.
(SUR)