PKL di Sisi Barat Malioboro Bakal Dipindah

Patricia Vicka    •    Rabu, 19 Jul 2017 12:47 WIB
yogyakarta
PKL di Sisi Barat Malioboro Bakal Dipindah
Design sementara pusat perbelanjaan Indra tempat PKL Malioboro berjualan -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan mulai membangun pedestrian di sisi barat Malioboro pada awal 2018. Saat pembangunan, sebagian besar pedagang kaki lima (PKL) di sisi barat Malioboro akan dipindah.

"PKL akan kami tata. Beberapa akan dipindah ke bekas Bioskop Indra," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Gatot Saptadi di Yogyakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Bekas Bioskop Indra itu nantinya dibangun menjadi pusat perbelanjaan Indra pada akhir 2017. Gedung yang terletak di selatan kawasan Malioboro ini digadang-gadang mampu menampung ratusan PKL.

(Baca: 2018, Pedestrian Sisi Barat Malioboro Mulai Dibangun)

Pemindahan PKL dilakukan untuk memberi keleluasaan pengunjung berjalan kaki di pedestrian kawasan legendaris Malioboro. Tidak lagi seperti saat ini, di mana pejalan kaki seringkali kesulitan berjalan di sisi barat pertokoan Malioboro karena penuh sesak oleh lapak PKL.

Gatot menambahkan, pedestrian Malioboro nantinya akan bebas dari gerobak-gerobak PKL. Namun, Pemda DIY saat ini masih memikirkan solusi untuk menyimpan gerobak-gerobak PKL tersebut agar tidak menghalangi jalan.

"Jumlah PKL dan siapa PKL akan dipindah juga masih dipikirkan Pemda. Pemda akan segera mendata jumlah PKL yang beroperasi di sisi barat kawasan Malioboro," ujar Gatot.

Menurut Gatot, Pemda DIY juga akan membangun Jogja Planning Gallery. Pembangunan akan dilakukan pada 2019, bersamaan dengan pembangunan pedestrian di Jalan Mangkubumi.

(Baca: Nuansa Yogyakarta Tempo Dulu akan Hadir di 23 Titik)

Gatot menjelaskan, Jogja Planning Gallery adalah bangunan tiga tingkat tempat masyarakat bisa menikmati informasi, sejarah, seluk-beluk, dan filosofi kawasan Malioboro. Jogja Planning Gallery rencananya dibangun di Kantor Dinas Pariwisata DIY yang berada di sebelah utara Kantor DPRD DIY.

"Nanti pengunjung bisa melihat sejarah atau foto-foto Malioboro pada masa lalu, masa kini dan mendatang. Bisa juga liat Merapi dan Tugu Yogyakarta dari atas rooftopnya," pungkasnya.


(NIN)