Embung Kering, BPBD DIY Tambah Kiriman Air bersih

Patricia Vicka    •    Sabtu, 19 Aug 2017 13:00 WIB
kemarau dan kekeringan
Embung Kering, BPBD DIY Tambah Kiriman Air bersih
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tiga buah embung di Gunung Kidul telah mengering. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY akan meningkatkan pasokan air bersih ke wilayah disekitar embung tersebut.
 
Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno menjelaskan ketiga embung yang mengering dikelola oleh Dinas PUPR ESDM. “Kami dapat info tiga embung itu terletak di terletak di Kecamatan Pajangan. Embung lainnya air sudah menyusut sisa 20-35 persen saja dari debit normal,” ujar Krido mealui sambungan teloepon di Yogyakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

BPBD akan menambah pengiriman tangki air ke Gunung Kidul. Hingga kini sudah ada sekitar 1.500 tangki yang dikirim ke 48 desa ke GUnung Kidul. Tangki air tersebut berasal dari berbagai pihak mulai dari pemerintah maupun swasta dan kelompok dermawan.

Ia mengakui kekeringan di Gunung Kidul sudah bertambah parah. Pekan ini sudah 8 dari 18 Kecamatan di Gunung Kidul yang terdampak  kekeringan. Dengan keadaan ini, status bencana kekeringan Gunung Kidul sudah bisa ditingkatkan menjadi status Siaga Bencana Kekeringan. 

“Gunung Kidul sedang didorong untuk persiapan peningkatan status menjadi Siaga Bencana Kekeringan,” ujarnya.

Pihaknya kini tengah menyiapkan serangkaian strategi untuk menangani kekeringan Gunung Kidul. Pasalnya kekeringan tahun ini diprediksi meningkat lima persen dibanding tahun lalu. Selain itu ada banyak wilayah baru yang terdampak kekeringan.

Sementara itu BPBD Gunung Kidul menyiapkan anggaran Rp600 juta untuk dropping air selama musim kekeringan. Laporan BPBD Gunung Kidul sebanyak 262 telaga yang ada airnya menyusut lebih dari 50 persen.


(ALB)