4.000 Hektare Padi di Banyumas Diserang Hama Wereng

   •    Sabtu, 05 Aug 2017 18:00 WIB
hama wereng
4.000 Hektare Padi di Banyumas Diserang Hama Wereng
Ilustrasi Padi terserang hama wereng --Antara--

Metrotvnews.com, Purwokerto: Sekitar 4.000 hektare tanaman padi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terserang hama wereng. Bahkan sekitar 500 hektare di antaranya mengalami puso. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Banyumas Widarso mengatakan, luasan tanaman padi yang terserang hama wereng itu jauh lebih tinggi dari musim tanam sebelumnya.

"Luasan tanaman padi yang terserang hama wereng pada musim tanam sebelumnya hanya sekitar 2.000 hektare sedangkan yang puso sekitar 150 hektare," kata Widarso dalam Sarehan di Auditorium Faperta Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Sabtu, 8 Agustus 2017.

Ia menduga ada beberapa hal yang menyebabkan peningkatan serangan hama wereng, salah satunya perubahan pola tanam dari padi-padi-palawija menjadi padi-padi-padi akibat sering turun hujan dalam dua tahun terakhir.

Selain itu, kata dia, varietas tanaman padi yang ditanam cenderung varietas lama yang rentan terhadap hama wereng. "Di samping itu, keterbatasan jumlah pengamat hama dan organisme pengganggu tanaman sehingga penanganannya jadi terlambat," kata dia yang juga alumni Faperta Unsoed.

Dalam hal ini, kata dia, satu orang pengamat harus menangani dua hingga tiga kecamatan sehingga jika terjadi serangan hama wereng, penanganannya menjadi terlambat.

"Ditambah lagi werengnya sudah resistan, sehingga obat yang tersedia tidak dapat langsung bereaksi terhadap wereng tersebut," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya terus berusaha mengendalikan serangan hama wereng terhadap tanaman padi yang belum dipanen. Dia mengharapkan tidak ada lagi serangan hama wereng pada musim tanam berikutnya. (Antara)


(ALB)