Tebing 10 Meter Roboh Timpa 2 Rumah

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 10 Nov 2016 17:05 WIB
bencana
Tebing 10 Meter Roboh Timpa 2 Rumah
Ilustrasi. Foto: MI/Djoko Sardjono

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Tebing setinggi 10 meter di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, ambrol pada Rabu malm 9 November 2016. Akibatnya, dua rumah warga di Desa Watugajah, Kecamatan Gedangsari, rusak parah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budhi Harjo, mengatakan dua rumah yang rusak merupakan milik warga bernama Haryanto, 70. 

"Kejadiannya tengah malam. Tebing ambrol karena sebelumnya hujan deras," kata Budhi melalui sambungan telepon, Kamis (10/11/2016).

Budhi mengungkapkan ada enam orang yang menempati rumah Haryanto. Meski mengalami rusak parah, tak ada korban jiwa. Menurutnya, rumah Haryanto tersebut tak bisa ditempati untuk sementara.

"Ketinggian bukitnya 10 meter, lebarnya delapan meter. Sejumlah perabotan rumah tangga juga ikut rusak," ujar Budhi.

BPBD Gunungkidul menggerakkan Tim Reaksi Cepat dengan bantuan polisi, TNI, dan relawan untuk membersihkan material longsor. 

Budhi menyebut banyak material, termasuk lumpur, yang masuk rumah. Selain membersihkan, para relawan juga ikut membantu memperbaiki kediaman Haryanto.

Ia menambahkan, masih tingginya intensitas hujan, membuat ancaman longsor masih tinggi. Bahkan, Budhi longsor susulan bisa saja terjadi. "Kami imbau masyarakat terus waspada," ujarnya.

Gunungkidul sebelumnya telah ditetapkan siaga longsor beberapa waktu lalu. Potensi longsor itu berada di Kecamatan Gedangsari, Patuk, Ponjong, Nglipar, dan Semin. Pihak BPBD setempat pun mendirikan delapan posko untuk menangani dan menanggulangi bencana.


(UWA)