Longsor di Karanganyar

Petugas Sulit Temukan Dua Petani Tertimbun Longsor

Pythag Kurniati    •    Rabu, 30 Nov 2016 14:52 WIB
longsor
Petugas Sulit Temukan Dua Petani Tertimbun Longsor
Pencarian korban longsor di Karanganyar, MTVN - Pytthag Kurniati

Metrotvnews.com, Karanganyar: Petugas gabungan kesulitan menemukan dua korban tertimbun longsor di Desa Bulurejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hingga berita ini dimuat, Rabu siang 30 November, pencarian belum membuahkan hasil.

Sejak pagi, petugas mencari kedua korban di sekitar lokasi longsor di Dusun Tegalsari. Pencarian menggunakan alat-alat manual.

"Misalnya cangkul dan sekop. Itu yang menjadi salah satu kesulitan kami," kata Sigit Aseno, petugas Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar.

Alat berat, lanjutnya, tak bisa menjangkau lokasi. Sehingga petugas memutuskan mencari kedua korban dengan alat seadanya.

Selain itu, area longsor cukup luas di pinggir tebing. Kondisi tanah juga tidak stabil. Kondisi itu berisiko terhadap keselamatan tim pencari. 

"Jika turun hujan hari ini, kemungkinan pencarian dihentikan," ujar Sigit.

Kemarin siang, longsor terjadi di Desa Bulurejo. Para petani yang tengah panen di lahan berdekatan dengan tebing pun berlarian.

Baca: Longsor di Karanganyar, Satu Petani Tewas

Delapan orang tak sempat menyelamatkan diri. Mereka tertimbun material longsor. Lima di antaranya ditemukan dalam kondisi selamat.

Sedangkan seorang lain, Sutoyo, 75, ditemukan dalam kondisi meninggal. Sementara dua lainnya dalam pencarian, yaitu Gito, warga Desa Doplang dan Dinem, warga Desa Bulurejo.

Video longsor di Karanganyar:
 


(RRN)