Jasad Korban Longsor di Pekalongan Ditemukan

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 08 Feb 2018 19:48 WIB
bencana longsor
Jasad Korban Longsor di Pekalongan Ditemukan
Proses evakuasi korban longsor di Pekalongan. (Medcom.id/Kuntoro T)

Pekalongan: Setelah upaya pencarian selama hampir enam jam, jenazah Rali, 45, warga yang tertimbun material longsor di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, ditemukan. Jasad Rali ditemukan di dasar tebing dengan kondisi tertutup material lumpur dan batu.

Hasanudin, salah satu relawan Banser Paninggaran, menuturkan jenazah korban ditemukan di sungai di antara bebatuan besar yang berada di dasar jurang.

"Yang pertama ditemukan itu rumput milik  korban. Kemudian kami menggali di sekitar lokasi. Ternyata benar, setelah digali, terlihat tangan korban," ujarnya, saat ditemui di lokasi, Kamis, 8 Februari 2018.
 
Diduga tubuh korban terseret material longsoran tanah hingga 60 meter. Hasanuddin menyebut pihaknya segera mengevakuasi jenazah ke rumah duka. 

Keluarga korban yang mengetahui Rali ditemukan dalam keadaan tewas, histeris. Bahkan tiga keluarga korban di jalur evakuasi, pingsan. Sehingga petugas turut mengevakuasi ketiga keluaga korban.  

"Keluarga korban tadi ikut sampai ke bawah untuk bergabung dengan tim. Saat ditemukan ada beberapa yang pingsan dan langsung kita evakuasi," jelas  Kepala Desa Tenogo, Agus Susilo.

Setelah berhasil dievakuasi, jenazah korban kemudian dibawa menuju rumah duka yang berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi.

Diketahui longsor terjadi pada Rabu, 7 Februari 2018, tepatnya di Petak 56 Perhutani, Dukuh Godang, Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten  Pekalongan  dengan luas lebih kurang 0,5 hektare, dengan ketinggian tebing longsor dengan bibir sungai lebih kurang 60 meter.


(LDS)