Gerombolan Burung Tutup Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Selasa, 07 Nov 2017 11:20 WIB
penerbangan
Gerombolan Burung Tutup Bandara Adisutjipto Yogyakarta
Suasana di Bandara Adisucipto Yogyakarta, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto menutup aktivitas penerbangan selama kurang lebih 2,5 jam pada Selasa 7 November 2017. Sebab ratusan burung bergerombol di sekitar bandara dan mengganggu penerbangan.

Kepala Bidang Legal dan Komunikasi AP 1 Bandara Adisucipto, Liza Anindya, mengatakan penutupan bandara berlangsung mulai pukul 05.00 WIB. Penutupan dilakukan lantaran petugas membersihkan landasan dari burung.

"Ini bukan hal pertama didatangi burung. Tapi kali ini, jumlah burungnya sangat banyak. Jadi kami menutup bandara untuk mengusir burung," kata Liza kepada Metrotvnews.com melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa 7 November 2017.

Ia menduga burung-burung tersebut datang karena faktor cuaca. Akibat hujan deras yang turun beberapa hari terakhir banyak serangga laron datang ke sekitar runway. Hal ini memicu para burung-burung yang kelaparan untuk datang memangsa laron.

Penutupan bandara mengakibatkan lima jadwal penerbangan ditunda. Sedangkan dua pesawat lain batal mendarat dan kembali ke bandara awal.

"Dua yang balik ke bandara awal adalah GA 694 balik ke Surabaya dan  GA 202 balik ke Boyolali Solo," jelasnya.

Liza menegaskan, kini, bandara sudah bersih dari para burung. Tapi petugas tetap memantau.

Operasional bandara juga telah kembali lancar dan normal. Masyarakat tidak perlu kuatir akan Kejadian ini. Sebab bandara akan menggandeng ahli untuk menghindarkan kejadian serupa.


(RRN)