Bersepeda, Imam Priyono-Achmad Daftar ke KPU Kota Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Rabu, 21 Sep 2016 14:07 WIB
pilkada serentak
Bersepeda, Imam Priyono-Achmad Daftar ke KPU Kota Yogyakarta
Imam Priyono (kemeja putih) menaiki sepeda saat hendak mendaftarkan diri bersama pasangannya Achmad Fadli. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Berkemeja putih dan topi petani, pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta Imam Priyono dan Achmad Fadli mendaftarkan diri ke KPU Kota Yogyakarta menggunakan sepeda, Rabu 21 September 2016.

Imam mengatakan prosesi naik sepeda dipilih karena dirinya ingin mengembalikan budaya naik sepeda yang dulu populer di Yogyakarta. 

"Kita ingin mengembalikan Yogyakarta sebagai tempat yang nyaman seperti dulu," kata Imam di kantor DPC Yogyakarta. Ia yakin mampu meraih 60 persen atau 168 ribu suara saat pencoblosan nanti.

Tiba di KPU, pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan Partai NasDem ini disambut pertunjukan dan iringan gamelan sebelum menyerahkan berkas yang diperlukan. 

Ketua KPU Wawan Budianto mengatakan ada persyaratan yang harus dilengkapi pasangan ini, yakni surat pengunduran diri dari jabatan masing-masing. Imam harus mengundurkan diri sebagai wakil wali kota Yogyakarta, dan Achmad harus melepas jabatan Asisten Pemerintahan dan mengundurkan diri sebagai pegawai negeri sipil.

"Surat keterangan dari Pengadilan Negeri juga memuat keterangan yang belum lengkap," kata Wawan. 

KPU meminta pasangan ini melengkapi berkas paling lambat 4 Oktober. Sementara untuk surat pengunduran diri sebagai PNS, KPU memberi tenggat lima hari usai penetapan pasangan calon.

Achmad mengaku sudah mengajukan surat pengunduran diri ke pemerintah kota beberapa hari usai dirinya resmi ditetapkan sebagai bakal calon.

Diperkirakan akan ada tiga pasang calon yang akan bertarung di pilkada Kota Yogyakarta. Dua pasangan lain yang diperkirakan mendaftar adalah pasangan yang diusung Gerindra dan PPP, Syauqi Soeratno-Tomi Nursamsu; serta pasangan yang diusung Golkar, PAN, PKS, dan Demokrat, yakni Haryadi Suyuti. Hingga kini, Haryadi yang merupakan petahana wali kota Yogyakarta, belum memiliki pasangan.



(UWA)