Kantor PSDKP Disegel Nelayan Cantrang Tegal

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 15 Jul 2017 18:39 WIB
cantrang
Kantor PSDKP Disegel Nelayan Cantrang Tegal
Kantor PSDKP Tegal disegel nelayan cantrang -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Kantor Satuan Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tegal Sari disegel nelayan cantrang di Tegal, Jawa Tengah. Pintu kantor ditutupi dengan beberapa barang, seperti meja, kursi, dan bambu.

Nelayan juga menyegel pintu pagar kantor menggunakan tali tambang kapal. Penyegelan dilakukan sebagai buntut kekesalan nelayan cantrang karena sudah dua pekan tidak bisa melaut lantaran tidak bisa mengurus surat izin penangkapan ikan (SIPI) di kantor PSDKP.

"Saya dan para ABK (anak buah kapal) sudah iuran untuk ikut aksi di Jakarta. Tapi, tetap tidak bisa melaut karena SIPI-nya tidak bisa diperpanjang," kata Washadi, seorang nelayan, Sabtu 15 Juli 2017.

Washadi mengatakan, PSDKP tidak bisa memberikan izin SIPI karena belum ada instruksi dari Presiden maupun surat edaran dari Menteri Kelautan dan Perikanan. Ia dan nelayan lainnya juga mempersoalkan sikap petugas PSDKP yang dianggap pilih kasih karena mengeluarkan SIPI kepada Kapal Pursin dan Gilnet.

Nelayan cantrang memuntut semuanya harus diperlakukan sama. "Kalau satu dilarang, semua harus dilarang," tegas Washadi.

Para nelayan bertekad terus menyegel kantor PSDKP Tegal Sari sampai ada keputusan yang adil dan memuaskan. "Kami akan segel terus sampai ada keputusan yang adil," pungkas Washadi.

Sementara itu, pihak PSDKP belum bisa dikonfirmasi karena tak ada satupun petugas yang bisa ditemui pasca penyegelan kantor.


(NIN)