Pesona Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul

Deny Irwanto    •    Senin, 21 Aug 2017 08:11 WIB
objek wisatawisata gunung
Pesona Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul
Puncak Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul atau 4G yang menyuguhkan keindahan pemandangan alam. Foto: Dokumentasi Eko Hardiyanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabupaten Gunung Kidul banyak menyuguhkan tempat wisata bagi para pelancong alam. Salah satu wisata alam yang masih terhitung baru di kawasan tersebut berada di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari.

Daerah yang kerap tandus dan mengalami kekeringan saat musim kemarau itu menyuguhkan wisata bernama Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul atau 4G.

Dari puncak gunung yang bisa ditempuh hanya sekitar 10 menit, wisatawan dimanjakan dengan pemandangan yang masih serba hijau. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati sunset dan sunrise saat cuaca mendukung.

"Berjalan dari tempat parkir itu hanya beberapa menit saja. Di atas sudah bisa melihat pemandangan yang masih alami. Kalau masih banyak kabut, kita seperti berada di atas awan saja," kata Ketua Karang Taruna Karya Muda Desa Ngalang Eko Hardiyanto kepada Metrotvnews.com, Senin 21 Agustus 2017.


Dokumentasi: Eko Hardiyanto

Eko mengatakan, wisatawan hanya dimintai biaya parkir kendaraan untuk mengunjungi objek wisata yang baru serius digarap pada November 2016 lalu itu. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan roda dua dikenakan tarif parkir Rp3.000 dan kendaraan roda empat dikenakan tarif parkir Rp5.000.

Menurut Mas Sigon, sapaan akrab Eko, 4G bisa disambangi 100 hingga 200 wisatawan setiap harinya. Namun, jumlah tersebut bisa naik hingga 100 persen pada akhir pekan. Wisatawan yang datang dari jauh juga bisa mendirikan tenda di puncak gunung dengan dikenakan tarif Rp10.000 permalam.

"Pengunjung yang niatnya tidak kamping, akan kita minta turun pada magrib untuk mencegah hal yang tidak diinginkan," ungkap Eko.

Kedepannya, Eko mengaku mempunyai angan besar dengan berdirinya objek wisata 4G ini. Dengan berharap dibantu pemerintah setempat, Eko ingin ada lokasi edukasi wisata di sekitar 4G berupa kawasan pertanian, peternakan, maupun perkebunan. Tak hanya itu, home stay juga diharapkan bisa berdiri di lokasi tersebut.

"Karena kan kita tawarkan di situ kan sunrise, sunrise kan harus pagi hari, jadi nanti misalnya ada tamu itu datangnya harus sore, jadi bisa nginap dulu di home stay, atau mungkin dirikan tenda dulu, tapi lebih efektif mungkin home stay dulu," beber Eko.


Dokumentasi: Eko Hardiyanto

Dengan masih minimnya fasilitas untuk mengembangkan wisata 4G, Eko berharap ada perhatian yang lebih serius dari pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul. Mulai dari perbaikan akses jalan menuju lokasi yang kurang lebar dan fasilitas parkir kendaraan.

Selain itu, Eko juga berharap kepada Pemda agar bisa lebih memperhatikan pertanian, peternakan, perkebunan khususnya di area wisata. Menurut Eko, dengan peran aktif pemerintah, secara tidak langsung bisa menumbuhkan rasa optimis warga untuk mengelola potensi wisata yang dimiliki Gunungkidul.

"Juga membantu bimbingan soal kuliner, home stay, konsep wisata edukasi dan lainnya. Kami berharap secara luas agar Karang Taruna di Gunungkidul bisa diaktifkan dan diberi peluang, karena kegiatan seperti ini khususnya wisata mayoritas embrionya dari pemuda pemudi yang kreatif," pungkas Eko.


(DEN)