Semar jadi Maskot Pemilihan Gubernur Jateng 2018

Mustholih    •    Minggu, 30 Jul 2017 16:21 WIB
pilgub jateng 2018
Semar jadi Maskot Pemilihan Gubernur Jateng 2018
Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnowo, saat melayani wawancara wartawan di Semarang. (Metrotvnews.com/Mustholih)

Metrotvnews.com, Semarang: Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah menggunakan tokoh semar sebagai maskot pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jateng 2018. Maskot tersebut bakal diumumkan secara resmi di Museum Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, pada 29 Agustus 2017.

"Kita akan luncurkan setelah peringatan hari jadi Jateng di Lawang Sewu. Maskot kita akan menggunakan tokoh pewayangan Semar," kata Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnowo, Semarang, Minggu, 30 Juli 2017.

Dalam dunia pewayangan Jawa, Semar memiliki peran sentral. Tokoh yang disebut Kiai Lurah Semar Badranaya ini dikisahkan sebagai pengasuh sekaligus penasihat para kesatria dalam pementasan kisah-kisahMahabarata dan Ramayana. Semar merupakan tokoh asli ciptaan pujangga Jawa.

Joko menuturkan tokoh Semar dipilih sebagai maskot karena perannya sebagai pemimpin yang ideal. "Semar menggambarkan seorang pemimpin, seorang pemomong. Semua yang diperankan oleh Semar ini simbol kepemimpinan yang menjelmakan sebagai utusan Tuhan," tegas Joko.

Bersama hari peluncuran maskot Semar, kata Joko, KPU Jateng juga akan membuka secara resmi tahapan, program, dan jinggel Pilgub Jateng 2018. "Sebelum peluncuran kita akan lakukan penjabaran Pilgub bersama 35 Kabupaten atau Kota se-Jateng supaya berjalan seiring," ungkap Joko.


(SAN)