Wisatawan di Yogyakarta akan Dimanjakan Beragam Atraksi Seni dan Budaya

Patricia Vicka    •    Senin, 19 Jun 2017 10:49 WIB
lebaran
Wisatawan di Yogyakarta akan Dimanjakan Beragam Atraksi Seni dan Budaya
Jalan Malioboro, Yogyakarta -- MTVN/Noveradika

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sejumlah event dan atraksi seni akan digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta selama Lebaran 2017. Pentas musik, pertunjukan seni budaya, dan atraksi hiburan akan digelar di tempat wisata.

"Kami adakan event untuk menghibur wisatawan yang akan membanjiri Yogyakarta," kata Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata DIY Putu Kertiyasa di Yogyakarta, Senin 19 Juni 2017.

Di Kabupaten Bantul, akan digelar event di Pantai Baru, Goa Cemara, dan Pantai Goa Selarong. Sementara di Kabuoaten Sleman, event budaya digelar di Kaliurang.

"Kegiatannya adalah pentas seni religius, kesenian jathilan, orkes melayu, dan campursari," rinci Putu.

(Baca: Jelang Lebaran, Lokasi Wisata di DI Yogyakarta Diminta Dibersihkan)

Di Kabupaten Gunung Kidul, event budaya digelar di Pantai Sundak, Pantai Watulumbung, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Ngobaran, Goa Kalisuci, Pantai Krakal, dan Gunung Api Purba Ngelanggeran. Sedangkan, di Kulonprogo, Pantai Depok dipilih sebagai tempat gelaran kesenian tradisonal.

Putu menambahkan, destinasi wisata lainnya yang turut menjadi tempat pentas kesenian tradisioanl adalah Candi Prambanan dan Ratu Boko. Di candi legendaris DIY ini akan digelar sendratari Ramayana, pentas jathilan, cokekakan, musik keroncong, jemparingan (panah), dan pameran purbakala.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta Yunianto Dwisutono menambahkan, sejumlah panggung kecil akan dibangun di beberapa titik di kawasan Malioboro untuk pentas seni dan budaya. "Panggung kecil kami bangun di dekat lapangan parkir Abu Bakar Ali, dekat Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Umum 1 Maret 2017," jelasnya.

Sejumlah seniman dan pemusik lokal siap menghibur wisatawan di panggung-panggung tersebut. Pertunjukan seni akan digelar pada H+1 hingga H+2 Lebaran.

Selain itu akan diadakan atraksi bakul ketupat, yakni pembagian gunungan ketupat kepada pengunjung di Kampung Wisata Pandean pada 29 Juni 2017.


(NIN)