Jadwal Pelayaran Jepara-Karimunjawa Ditambah

Rhobi Shani    •    Senin, 19 Jun 2017 13:15 WIB
mudik lebaran 2017
Jadwal Pelayaran Jepara-Karimunjawa Ditambah
KMP Siginjai sandar di Dermaga Kartini Jepara-- MTVN/Rhobi--

Metrotvnews.com, Jepara: Mengantisispasi lonjakan wisatawan selama musim libur lebaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara menyiapkan jadwal penyebrangan khusus. Jadwal khusus penyebrangan Jepara-Karimunjawa mulai berlaku hari ini hingga H+7 Lebaran.
 
Kabid Perhubungan Laut pada Dishub Kabupaten Jepara Suroto mengatakan, pihaknya telah berkooridinasi dengan ASDP Cabang Jepara selaku operator KMP Siginjai dan operator KMC Express Bahari, PT Sakti Inti Makmur. Selama dua pekan, KMP Siginjai dan KMC Express Bahari mampu menampung 12.155 penumpang.
 
”Mulai H-3 penambahan trip Baik Express Bahari dan KMP Siginjai sudah diberlakukan. Tapi, perubahan jadwal ini terhitung mulai H-7 hingga H+7,” ujar Suroto, Senin 19 Juni 2017.
 
Pengaturan jadwal baru ini, Suroto bilang, untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan agar dapat terangkut semua. Kapasitas dan penambahan trip kapal berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya.
 
”Jika nantinya masih banyak wisatawan yang tidak bisa diangkut, kami akan tambahkan trip pemberangkatan. Jadwal baru ini berpatokan pada waktu pemberangkatan,” ungkap Suroto.
 
Selain penambahan jadwal penyebrangan, Suroto melanjutkan, tahun ini juga disiapkan posko terpadu khusus libur lebaran. Kalau sebelumnya hanya dari petugas perhubungan, kini disiagakan dari 13 instansi. Seperti TNI, Polri, Dishub, Syahbadar, SAR, PMI, dan tim kesehatan pelabuhan.
 
“Posko ini kami siapkan untuk wisatawan yang ingin bermalam di dermaga karena tidak mendapatkan tiket penyebrangan atau menunggu jadwal penyebrangan,” pungkas Suroto.


(ALB)