SMAN 1 Jepara Butuh Anggaran Rp3 Miliar di Tahun Ajaran 2017-2018

Rhobi Shani    •    Sabtu, 12 Aug 2017 16:49 WIB
pendidikan
SMAN 1 Jepara Butuh Anggaran Rp3 Miliar di Tahun Ajaran 2017-2018
Ilustrasi dana, Ant

Metrotvnews.com, Jepara: SMAN 1 Jepara, Jawa Tengah, mengaku memerlukan anggaran Rp3 miliar untuk operasional di Tahun Ajaran 2017-2018. Sementara bantuan dari pemerintah tak mencukupi.

Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus mengatakan mendapat anggaran sebesar Rp400 juta lebih dari pemerintah provinsi. Dana tersebut terdiri dari Dana Alokasi Khusus sebesar Rp280 juta lebih dan anggaran bantuan sekolah rujukan sebesar Rp120 juta.

Tapi, dana dari pemerintah itu tak cukup. Sekolah masih membutuhkan dana sebesar sedikitnya Rp2,6 miliar. Sehingga sekolah membentuk paguyuban orang tua siswa untuk membicarakan masalah tersebut.

Udik mengatakan dana tersebut untuk kebutuhan operasional, pembangunan sarana, dan penyediaan prasarana sekolah. Makanya, sekolah mengajak paguyuban orang tua membahas hal itu.

“Istilahnya Partisipasi Sumbangan Masyarakat. Sekolah memiliki paguyuban orangtua asuh yang siap membantu biaya kebutuhan pendidikan siswa,” ujar Udik di Jepara, Sabtu 12 Agustus 2017.

Udik mengatakan anggaran dari pemerintah pusat maupun provinsi tak mengakomodasi gaji pegawai tak tetap dan fasilitas sekolah. Misalnya musala.

"Juga pemasangan paving lapangan sekolah. Memang tidak ada anggaran dari DAK (dana alokasi khusus) provinsi maupun pusat untuk pembangunan itu,” ungkap Udik.
 
Sementara itu, Sutarno, anggota Komite SMA Negeri 1 Tahunan Jepara, menegaskan sudah mendapat informasi mengenai sumbangan. Sumbangan bersifat sukarela. Namun sekolah yang menentukan batas maksimal dan minimal.

"Sumbangan itu tak bersifat mengikat," kata Sutarno.

Menurut Sutarno, komite sekolah akan mengawas penggunaan sumbangan. Sehingga, penggunaannya benar-benar untuk kebutuhan para siswa dan tak berpotensi diselewengkan.


(RRN)