Bulus Langka Berusia 50 Tahun Ditemukan di Sleman

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 07 Feb 2019 18:28 WIB
binatang langkahewan dilindungi
Bulus Langka Berusia 50 Tahun Ditemukan di Sleman
Seekor bulus yang ditemukan di Sungai Sempor, Dusun Manyaran, Kelurahan Triharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. Foto: Dokumen BKSDA

Sleman: Seekor bulus dengan ukuran besar ditemukan di Sungai Sempor, Dusun Manyaran, Kelurahan Triharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bulus dengan sebutan labi-labi bintang itu diperkirakan hewan langka dan sudah berusia puluhan tahun. 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Junita Parjanti menjelaskan bulus tersebut diperkirakan berusia 50 tahun. Hewan dengan istilah ilmiah Chitra Citra tersebut berukuran tubuh dengan panjang 90 sentimeter dan lebar 60 sentimeter.

"Laporan temuan kami dapat dari Komunitas Hulu Jogja yang lapor ke tim quick respon BKSDA pada 1 Februari. Sudah kami tindak lanjuti," ujar Junita lewat sambungan telepon pada Kamis, 7 Februari 2019. 

Junita mengatakan timnya BKSDA kemudian menyerahkan bulus tersebut ke Kebun Bintang Gembira Loka pada Rabu, 6 Februari 2019. 

Manajer Konservasi Kebun Bintang Gembira Loka, Josephine Vanda Tirtayani juga memperkirakan hewan langka itu berusia sekitar 50 tahun. Ia menyebutkan, satwa tersebut dalam kondisi terancam punah. 

Ia menyebut bulus itu masuk dalam daftar merah Internasional Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List pada 2006. Josephine mengatakan spesies tersebut kehilangan habitatnya. 

"Ini temuan besar karena ini spesies langka. Spesies ini hampir punah karena eksploitasi untuk konsumsi makanan manusia dan perdagangan liar," kata dia. 

Bulus tersebut, ia melanjutkan, ditemukan dengan sejumlah luka di bagian kanan dan kiri. Selain itu, bagian atas tubuh bulus itu juga terdapat luka. 

"Bulus masih kita karantina. Tim medis sekarang masih mengobati. Setelah sudah diobati baru dilepaskan," katanya. 



(ALB)