Banjir Rendam Sebagian Wilayah Pantura

Budi Arista Romadhoni    •    Senin, 28 Jan 2019 17:31 WIB
bencana longsorbencana banjir
Banjir Rendam Sebagian Wilayah Pantura
ilustrasi Medcom.id

Semarang: Bencana banjir melanda sejumlah wilayah Pantai Utara, Jawa Tengah, Senin 28 Januari 2019. Wilayah terparah terdampak banjir ialah Kabupaten Pekalongan, ada 2.021 jiwa mengungsi karena permukimannya diterjang banjir. 

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto mengungkapkan, warga Kabupaten Pekalongan mengungsi ke 20 lokasi pengungsian yang tersebar di berbagai kecamatan.

Informasi yang dihimpun BPBD Jawa Tengah, sebaran para pengungsi berada di Desa Simbang Kulon, Kecamatan Buaran, Desa Samborejo, Desa Karangjompo dan Desa Tegaldowo.

"Dapur umum dan sejumlah logistik sudah dikirim di sana untuk membantu warga Pekalongan yang mengungsi," katanya saat dihubungi di Semarang, Senin 28 Januari 2019. 

Sudaryanto mengatakan pengungsi saat ini membutuhkan fasilitas dapur umum mandiri, perlengkapan bayi, selimut, air mineral, makanan siap saji hingga obat-obatan.

"Banjir beberapa titik, kini mulai berangsur surut. Warga ada yang pulang ke rumah. Cuaca sampai dengan saat ini di Pekalongan masih tertutup mendung," ungkapnya. 

Selain Pekalongan banjir juga melanda di  Kabupaten Batang, Kendal, dan Pati.

"Saat ini kami menerjunkan personel untuk membantu Dinas Kesehatan dan TNI atau Polri dalam mengevakuasi korban banjir," bebernya. 



(ALB)