Ganjar Minta Bupati Tegal Tahan Godaan Fulus

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 09 Jan 2019 11:02 WIB
pemerintah daerah
Ganjar Minta Bupati Tegal Tahan Godaan Fulus
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik Bupati dan Wakil Bupati Tegal, Medcom.id - Kuntoro

Tegal: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Umi Azizah sebagai Bupati Tegal. Ganjar berpesan pada Umi agar tak tergoda dengan uang dan jabatan.

Pelantikan berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 8 Januari 2019. Ganjar juga melantik Sabilillah Ardie sebagai Wakil Bupati.

Dalam kata sambutan, Ganjar menyebutkan godaan terbesar pemimpin daerah adalah transaksi jabatan aparatur sipil negara dan komisi proyek. Untuk menangkalnya, integritas yang kuat perlu dipegang kepala daerah.

"Termasuk tak memikirkan cara mengembalikan uang kampanye. Karena dari situlah problem pertama itu akan muncul. Godaan terbesar adalah soal fulus (uang)," ujar Ganjar.

Selain integritas, kepala daerah pun perlu mengedepankan transparansi. Kepala daerah harus mendorong semua proyek masuk ke sistem lelang.

Kepuasan masyarakat, ungkap Ganjar, menjadi indikator keberhasilan pemerintahan. Sehingga integritas dan transparansi menjadi kunci kesuksesan pelayanan publik yang mudah, murah, dan cepat.

Usai pelantikan, Umi menyatakan komitmen untuk melaksanakan arahan Gubernur. Terlebih, Umi mendorong sembilan program pokok unggulan selama ia menjabat sebagai Bupati Tegal Periode 2019-2024.

"Salah satu program yaitu pembangunan sentra pelayanan publik prima yang akan diwujudkan dalam bentuk mal pelayanan publik," ujar Umi.


(RRN)