Kapolri Apresiasi Operasi Pembebasan Sandera di Papua

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 18 Nov 2017 10:16 WIB
kelompok bersenjata di papua
Kapolri Apresiasi Operasi Pembebasan Sandera di Papua
Kapolri Jenderal Tito Karnavian, MTVN - Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengapresiasi pasukan gabungan dari polisi dan TNI dalam pembebasan sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Operasi tersebut berhasil membebaskan 344 warga pada Jumat pagi, yang menjadi sandera KKB. 

Jenderal Tito mengatakan upaya persuasif dengan negosiasi dari berbagai jalur, termasuk tokoh masyarakat, telah dilakukan. Namun, para anggota KKB tetap tak bergeming. 

"Lalu aksinya dilakukan dengan kohersif karena persuasif tak bisa. Pagi tadi operasi dan sandra diselamatkan di Tembagapura," kata Jenderal Tito usai acara Milad ke 105 Muhammadiyah di Kraton Yogyakarta pada Jumat malam, 17 November 2017. 

Menurutnya, satu anggota kepolisian tertembak kakinya dalam operasi pembebasan sandera itu. Sementara, ia tak tahu pasti apakah ada yang tertembak atau tidak dari anggota KKB.

"Ini operasi sangat sukses. TNI, Polri, dan tokoh masyarakat terlibat. Kami kejar terus kelompok ini," jelasnya. 

"Saya sudah bicara dengan-Mensesneg agar menyalurkan mereka ke tempart lain. Kalau tidak, disandra lagi," jelas ya. 

Ia menegaskan aparat masih mengejar para anggota KK. Mengingat, medan di Papua cukup sulitbkarena bukit terjal serta hutan yang lebat. 

"Sekali lagi, ini adalah orestasi pembebasan sandra selatan tanpa memakan korban. Kami lakukan negosiasi hampir dua minggu," tuturnya. 


(RRN)