Perekaman Data KTP-el di Jepara Capai 96 Persen

Rhobi Shani    •    Kamis, 26 Oct 2017 15:52 WIB
pelayanan e-ktpktp
Perekaman Data KTP-el di Jepara Capai 96 Persen
Warga mengurus administarsi kependudukan di kantor Disdukcapil Jepara

Metrotvnews.com, Jepara: Kemendagri mengeluarkan surat edaran agar dalam pelayanan perekaman KTP Elektronik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat melakukan jemput bola. Hal itu untuk menyelesaikan proses perekaman data KTP dan cakupan kepemilikan akta, untuk kesiapan menghadapi Pemilu serentak 2018.
 
Berkait itu, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi dan Kependudukan Disdukcapil Jepara, Susetyo menyampaikan, sebelum surat tersebut diterima pihaknya, Disdukcapil Jepara sudah melakukan jemput bola. Itu seperti, melakukan perekaman KTP-el keliling ke desa-desa.
 
“Kalau ada yang belum rekam data ada beberapa kemungkinan, di antaranya meninggal dunia tetapi tidak melaporkan. Kemungkinan lainnya, mereka yang mengalami disabilitas sehingga terganggu mobilitasnya,” beber Susetyo, Kamis 26 Oktober 2017.
 
Susetyo menguraikan, jumlah warga Kabupaten Jepara sebanyak 1.158.182 jiwa. Dari jumlah tersebut, yang sudah wajib KPT sebanyak 849.543 jiwa. Dari jumlah orang yang wajib ber-KTP sudah ada 822.625 orang yang merekam. Artinya tersisa 26.918 orang yang masih belum merekam datanya. 
 
“Perekaman data kami yakin bisa menyelesaikan target 100 persen, karena hingga bulan Oktober, sesuai data warga wajib ber-KTP, sudah mencapai 96 persen,” ungkap Susetyo.
 
Warga Jepara yang saat ini memegang surat keterangan, disampaikan Susetyo, sebanyak 54.710 orang. Dari jumlah tersebut, 19.292 orang diantaranya berstatus PRR (Print Ready Record-Siap Cetak). Sementara, jumlah blangko KTP-el yang ada hanya 1.934 buah.
 
“Sementara untuk cakupan kepemilikan Akta Kelahiran Penduduk Umur 0-18 tahun telah mencapai 77 persen dari target pencapaian sebesar 85 persen,” tandas Susetyo.



(ALB)