Wali Kota Surakarta Jadi Atur Pambagyoharjo Pernikahan Kahiyang

Pythag Kurniati    •    Selasa, 31 Oct 2017 13:19 WIB
jokowi mantupernikahan kahiyang-bobby
Wali Kota Surakarta Jadi  <i>Atur Pambagyoharjo</i> Pernikahan Kahiyang
Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Wali Kota Surakarta, FX. Hady Rudyatmo mendapatkan tugas penting dalam pernikahan putri presiden, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Rudy, demikian ia biasa disapa ditugasi menjadi Pambagyoharjo.

Pambagyoharjo yakni seseorang yang bertugas menyampaikan pidato kepada tamu-tamu undangan. Posisinya, mewakili orang yang punya hajat atau keluarga mempelai.

"Saya ditugasi menyampaikan atur Pambagyoharjo," ungkap Rudy, Selasa, 31 Oktober 2017.

Atur Pambagyoharjo nantinya bakal disampaikan dalam bahasa Jawa. Hal itu sejalan dengan konsep pernikahan Kahiyang-Bobby yang mengusung tema jawa klasik.

Meski ditunjuk oleh keluarga presiden, Rudy mengaku tidak ada persiapan khusus. Sebab dirinya mengaku telah berpengalaman menjadi Pambagyoharjo.

"Tidak ada persiapan macam-macam. Hanya, pokoknya nanti pakai bahasa Jawa dan menyesuaikan durasi waktu saja," terang Wali Kota Surakarta.

(Baca: Jusuf Kalla Bakal Jadi Saksi Pernikahan Putri Jokowi)

Menjadi Pambagyoharjo bukan kali pertama baginya. Keluarga presiden pernah menunjuk Rudy untuk tugas yang sama pada pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda dua tahun lalu.

Pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan dilangsungkan di Kota Solo pada 8 November 2017. Prosesi pernikahan dimulai sejak 7 November 2017.

Presiden Jokowi, dalam jumpa persnya, Minggu, 29 Oktober 2017 lalu mengungkapkan persiapan pernikahan telah rampung. "Alhamdulillah saya cek sendiri dari seluruh kepanitiaan yang ada dan sudah beres semua," papar Jokowi.

Dua tokoh penting ditunjuk menjadi saksi dalam akad nikah putrinya. Mereka adalah Wapres Jusuf Kalla dan Menko Perekonomian Darmin Nasution.


 


(SUR)